5 Wisata Budaya Paling Unik di Indonesia

5 Wisata Budaya Paling Unik di Indonesia

5 Wisata Budaya Paling Unik di Indonesia --meramuda

DISWAY JATENG - Indonesia memiliki beragam wisata budaya paling unik yang menyebar dari Sabang sampai Merauke. Sebagai warga Indonesia tentunya kamu harus tahu tradisi, ritual, dan adat istiadat apa yang dimiliki bangsa sendiri.

Terdapat alasan mengapa Indonesia memiliki wisata budaya paling unik. Karena Indonesia sendiri terdiri dari berbagai macam suku dan budaya di setiap pulaunya, yang masing-masing punya ciri khas serta keunikan yang berbeda. 

Lantas, apa saja wisata budaya paling unik di Indonesia? Wisata budaya tersebut bisa berupa pemandangan yang indah, bangunan bersejarah dari masa lampau, hingga tontonan seperti atraksi budaya yang tidak dimiliki oleh negara lain.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Wisata di Jawa Tengah yang Unik dan Menarik

Wisata budaya paling unik ini juga dapat dijadikan liburan yang berkesan dan tak terlupakan. Selain mendapat pengalaman baru yang menyenangkan, kamu juga bisa mempelajari budaya dan menambah wawasan baru tentang kebudayaan di Indonesia.

1. Desa Adat Suku Baduy

Wisata budaya paling unik yang pertama adalah di Desa Adat Suku Baduy. terletak di Kabupaten Lebak, Banten. Desa ini terkenal dengan tradisi dan adat istiadatnya yang masih terjaga kelestariannya. Suku Baduy terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. 

Baduy Dalam hidup dengan sangat sederhana dan terisolasi dari dunia luar, sedangkan Baduy Luar sudah mulai beradaptasi dengan modernisasi. 

Banyak konten creator yang mngeksplorasi wilayah ini, karena tempatnya sangat unik dan menarik untuk dikunjungi. Di sana, Kamu bisa pelajari budaya apa saja yang dilakukan oleh Suku Baduy secara langsung.

Pengunjung yang ingin mengunjungi Desa Adat Suku Baduy harus mengikuti aturan dan adat istiadat yang berlaku, seperti tidak boleh menggunakan kendaraan bermotor, tidak boleh memakai alas kaki, dan tidak boleh membawa kamera.

2. Ritual Rambu Solo

Ritual Rambu Solo adalah upacara pemakaman tradisional suku Toraja di Sulawesi Selatan. Ritual ini terkenal dengan keunikannya, seperti menguburkan jenazah di tebing batu, menyembelih kerbau, dan menggelar pesta adat yang meriah. 

Ritual Rambu Solo merupakan bentuk penghormatan kepada leluhur dan menunjukkan kepercayaan suku Toraja terhadap kehidupan setelah kematian.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Wonosobo Unik dengan Panorama Indah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: