Kuliner Legendaris Khas Wonosobo, Wajib Dicoba!

Kuliner Legendaris Khas Wonosobo, Wajib Dicoba!

Kuliner legendaris khas Wonosobo cita rasa unik nan lezat-Tangkapan layar diswayjateng.id-

BACA JUGA:5 Rekomendasi Pantai di Wonosobo Hits, Tiket Masuk Murah dengan Pemandangan Menakjubkan!

4. Tempe Kemul

Tempe Kemul merupakan tempe yang dibungkus dengan daun pisang dan digoreng dengan tepung beras, tepung sagu, atau tepung singkong. Warga lokal biasanya menambahkan daun kucai sebagai pelengkap tempe kemul. Ada pula yang menggunakan kunyit di adonan tepungnya sebagai pewarna kuning. Tempe Kemul biasanya disajikan dengan sambal kecap atau sambal kacang. 

5. Carica

Carica atau pepaya gunung merupakan buah khas Dataran Tinggi Dieng. Karena itu, makanan bercita rasa manis ini hanya diolah di daerah Wonosobo dan sekitarnya. Biasanya, buah carica diolah menjadi manisan dengan cara direndam ke dalam sirup bergula sebelum disterilisasi. Carica juga bisa dibuat menjadi selai atau dijadikan sebagai garnish kambing dan ikan bakar.

Manisan carica terbuat dari carica yang direbus dengan gula merah dan garam. Keripik carica terbuat dari carica yang diiris tipis dan digoreng hingga kering. Jus carica terbuat dari carica yang diblender dan disaring. Manisan carica, keripik carica, dan jus carica memiliki cita rasa yang manis dan asam. Carica merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral.

6. Kue pepe 

Kue pepe jajanan tradisional khas Wonosobo, Jawa Tengah yang selanjutnya ini merupakan kue lapis. Hanya saja, terbuat dari campuran tepung sagu tani, tepung beras, gula, dan vanili bubuk. Ada penggunaan pewarna merah cabai yang membuatnya menggugah selera.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Wonosobo Unik dengan Panorama Indah

7. Kacang Dieng

Kacang yang memiliki bentuk lebih besar dari kacang biasanya ini biasa dijuluki sebagai “kacang babi” oleh warga sekitar. Cara penyajian kacang khas Wonosobo ini umumnya dengan digoreng berbalutkan tepung dan kemudian ditaburi beragam bumbu sesuai selera. Sebagai makanan kering, kacang dieng sangat cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh dari Wonosobo.

8. Kue Sagon

Makanan ringan khas Wonosobo ini selalu diburu oleh masyarakat lokal dan pengunjung. Camilan ini terbuat dari beras ketan, kelapa diparut, gula pasir, dan ditambahkan sedikit vanili. Sagon ini dapat Anda temukan di daerah lain, namun sagon Wonosobo memiliki ciri khas tersendiri. Sagon Wonosobo berbentuk lebih besar dan bertekstur empuk.

Demikian ulasan Kuliner Legendaris Khas Wonosobo cita rasa unik nan lezat yang wajib kamu cobain saat berlibur ke Wonosobo ini. Semoga bermanfaat.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: