Begini Tips Menghindari Pinjol Ilegal Supaya Tidak Terjerat Hutang dengan Bunga Tinggi

Begini Tips Menghindari Pinjol Ilegal Supaya Tidak Terjerat Hutang dengan Bunga Tinggi

Tips menghindari pinjol ilegal agar aman dari bunga tinggi--

Sebelum mengajukan pinjaman, Anda bisa membaca dengan cermat mengenai informasi pinjaman. Informasi yang perlu diperhartikan, yakni suku bunga, tenor pinjaman, dan lainnya.

BACA JUGA:Cara Menghindari Teror DC Pinjol di WA, Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika di aplikasi pinjol legal resmi terdaftar di OJK akan memberikan informasi yang transparan dari awal. Sebaliknya, di pinjol ilegal informasi mengenai pinjaman tidak akan diberikan secara terang-terangan atau tidak transparan.

4. Jangan Izinkan Data Pribadi Berlebihan

Tips menghindari pinjol ilegal berikutnya, yakni dengan tidak memberikan data pribadi secara berlebihan. Saat mengajukan pinjaman, umumnya pihak pinjol akan meminta perizinan data privasi Anda seperti telepon, kontak, dan lainnya.

Supaya lebih aman saat mengajukan pinjaman, pastikan Anda membatasi akses perizinan pinjaman. Pasalnya jika di aplikasi pinjol legal hanya akan meminta data yang tidak sensitif.

5. Waspadai Promosi Berlebihan

Platform yang belum terdaftar OJK biasanya akan melakukan penawaran yang terkesan memaksa. Selain itu, biasanya memberikan berbagai keuntungan menarik yang sangat menggiurkan.

Hal tersebut tentunya untuk menarik debitur untuk menggunakannya, setelah debitur tertarik untuk melakukan pengajuan pinjaman. Cara ini hanya untuk menjebak nasabah saja dengan cara menaikan suku bunga sesuka hati tanpa adanya konfirmasi dengann debitur.

Dengan mengetahui beberapa cara menghindari pinjaman online ilegal di atas, Anda bisa terbebas dari berbagai kerugian. Misalnya suku bunga yang tiba-tiba meningkat, data pribadi tersebar, hingga penagihan DC lapangan yang tidak manusiawi. 

Dalam menggunakan platform pinjaman online juga harus bijak agar anda terhindar dari yang namanya terlilit hutang. Penggunaan pinjol dengan bijak dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi nasabah.

Demikian informasi seputar tips menghindari pinjol ilegal agar pengajuan pinjaman aman dari berbagai kerugian. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: