Inilah 6 Cara Menghindari Pinjol Ilegal 2024

Inilah 6 Cara Menghindari Pinjol Ilegal 2024

cara menghindari pinjol ilegal--

5. Bunga tinggi dan tidak wajar

Pinjaman yang tidak resmi OJK biasanya menawarkan bunga yang sangat tinggi dan tidak wajar, bahkan melebihi batas maksimum yang ditentukan oleh OJK.

Cara Menghindari Pinjaman online tidak resmi:

1. Hati-hati dengan iming-iming bunga rendah atau proses cepat

Cara menghindari pinjol ilegal dengan tidak mudah tergiur dengan iming-iming bunga rendah atau proses cepat yang ditawarkan oleh layanan pinjaman online. Layanan pinjaman yang legal mempunyai proses yang wajar dan bunga yang sesuai dengan ketentuan OJK.

2. Jaga data pribadi Anda

Jangan memberikan data pribadi anda atau foto sensitif kepada pihak penyedia yang belum anda kenal dan belum terpercaya.

3. Laporkan layanan pinjaman ke OJK

Jika anda menemukan pinjaman online yang tidak resmi OJK, laporkan ke OJK melalui website OJK (https://www.ojk.go.id/) atau hubungi call center OJK di 1500 633.

4. Bacalah syarat dan ketentuan dengan seksama

Sebelum mengajukan pinjaman, bacalah dengan seksama syarat dan ketentuan yang berlaku di layanan tersebut. Pastikan anda memahami semua hak dan kewajiban anda sebagai peminjam.

5. Pinjam hanya di layanan legal

Pastikan anda hanya meminjam uang di layanan pinjaman yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

6. Bandingkan bunga dan biaya

Cara menghindari pinjol ilegal dengan membandingkan bunga dan biaya dari beberapa platform yang resmi OJK sebelum memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: