Serupa Tapi Tak Sama, ini Perbedaan Pinjol dan Paylater Supaya Mengajukan Pinjaman Lebih Bijak

Serupa Tapi Tak Sama, ini Perbedaan Pinjol dan Paylater Supaya Mengajukan Pinjaman Lebih Bijak

Perbedaan pinjol dan paylater--

Perbedaan pinjol dan paylater berikutnya, yaitu pada ruang penggunannya. Di pinjol layanan pinjaman yang diberikan jauh lebih luas dibandingkan paylater.

BACA JUGA: Begini Cara Menghitung Bunga Shopee Paylater 12 Bulan dan 4 Informasi Penting Saat Jatuh Tempo

Sedangkan pengguna paylater hanya dibatasi untuk platfrom tertentu. Selain itu, layanan pinjaman dari paylater hanya untuk membeli barang-barang konsumtif seperti HP, laptop, dan lainnya.

Dengan ini, tentu saja berbeda dengan pinjol  di mana uang hasil pinjaman bisa kamu gunakan sesuai dengan tujuan keuanganmu, apakah untuk hal-hal konsumtif maupun produktif.

4. Media Peminjaman

Media pinjaman yang disalurkan dari kedua layanan ini juga memiliki perbedaan. Pinjaman online atau pinjol hanya melibatkan 2 pihak saja yaitu perusahaan dan nasabah atau peminjam.

Sedangkan di layanan paylater, di mana layanan ini melibatkan lebih dari 2 pihak yaitu nasabah, aplikasi paylater, dan e-commerce. Anda dapat memilih kedua layanan ini menyesuaikan kebutuhan yang diperlukan.

BACA JUGA: Ketahui Syarat dan Cara Menaikkan Shopee PayLater, Solusi Berbelanja Online dengan Praktis

5. Jenis Perusahaan

Jenis perusahaan dari kedua layanan ini tentu saja berbeda. Jika di pinjol bukan hanya dikembangkan oleh perusahaan fintech saja, melainkan ada campur tangan dari bank konvesional.

Sementara layanan paylater juga demikian, di mana layanan paylater bukan hanya dikembangkan perusahaan fintech tetapi juga ada bank-bank konvensional. Paylater yang bekerja sama dengan bank konvesional seperti BCA, Mandiri, dan lainnya.

Dari penjelasan di atas mana yang lebih baik antara pinjol dan paylater? Paylater lebih aman digunakan karena, layanan ini ditawarkan oleh e-commerce atau marketplace besar, sehingga keamanannya lebih terjaga.

Berbeda dengan pinjol, masih banyak pinjol yang tak memiliki izin usaha di Indonesia. Selain itu, sering kali di pinjol ada berbagai kasus merugikan nasabah seperti penyalahgunaan data.

BACA JUGA: Terlanjur Galbay? ini 4 Solusi Melunasi Utang Pinjol dan Paylater Paling Efektif Supaya Cepat Lunas

Demikian informasi seputar perbedaan pinjol dan paylater agar nasabah lebih bijak dalam menggunakan layanan ini. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: