5 Risiko Galbay Pinjol dan Cara Menghindarinya

5 Risiko Galbay Pinjol dan Cara Menghindarinya

risiko galbay pinjol--

5. Baca dan Pahami Perjanjian

Sebelum menandatangani perjanjian pinjaman, bacalah dengan cermat semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

6. Hitung Kemampuan Finansial

Sebelum mengajukan pinjaman di suatu platfom, hitunglah kemampuan finansial anda dengan cermat. Pastikan cicilan pinjaman tidak melebihi 30% dari pendapatan anda.

Risiko galbay pinjol yang wajib anda ketahui :

1. Gugatan Hukum

Pada kasus tertentu, platform pinjaman online dapat menempuh jalur hukum untuk menuntut peminjam yang gagam membayar angsuran. Hal ini dapat berujung pada penyitaan aset atau bahkan hukuman penjara.

2. Citra Diri yang Rusak

Risiko galbay pinjol dapat merusak citra diri peminjam di mata keluarga, teman, dan kolega. Hal ini dapat berakibat pada hilangnya kepercayaan dan peluang dalam kehidupan sosial dan profesional.

3. Denda dan Bunga yang Melambung Tinggi

Pinjaman online biasanya menerapkan denda dan bunga yang tinggi bagi peminjam yang terlambat atau tidak membayar pinjamannya. Hal ini dapat menyebabkan total tagihan membengkak secara signifikan, membuat beban finansial peminjam semakin berat.

4. Penagihan Debt Collector

Pinjaman online yang resmi OJK maupun ilegal seringkali menggunakan jasa debt collector untuk menagih para peminjam yang mengalami gagal bayar. Tak jarang, debt collector menggunakan cara-cara yang tidak profesional dan bahkan menebar intimidasi, sehingga menimbulkan stres dan kecemasan bagi peminjam.

5. Penurunan Skor Kredit

Riwayat kredit yang buruk akibat gagal membayar angsuran pinjaman akan dicatat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini akan berakibat pada penurunan skor kredit peminjam, sehingga menyulitkannya untuk mendapatkan pinjaman di masa depan, baik dari bank maupun lembaga keuangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: