DLH Kota Tegal Adakan Beragam Kegiatan

DLH Kota Tegal Adakan Beragam Kegiatan

BERSAMA - Kepala DLH Kota Tegal Nany Lestari, kepala Blbidang bersama staf foto bersama.Foto:Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 tingkat kota dengan mengelar berbagai macam kegiatan dan memberikan penghargaan. Kepada pegiat lingkungan hidup, sekolah, OPD serta stakeholder lainya 

Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kota Tegal dilaksanakan di Hutan Kota, Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat. Peringatan tersebut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah Agus Dwi Sulistyantono, beserta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

BACA JUGA:Poltek Harber Tegal Beri Edukasi Masyarakat

Kepala DLH Kota Tegal Nany Lestari menyampaikan bahwa Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2024  tema yang diusung oleh Indonesia adalah 'Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan'. Tema ini menjadi pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus di selesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten. Oleh seluruh pemangku kepentingan, sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas. 

Selain itu, ada sejumlah kegiatan yang sudah dilakukan, diantaranya perilaku ramah lingkungan hidup, penilaian pengelola sampah terbaik, talk show, uji emisi kendaraan bermotor. Penanaman mangrove, stand daur ulang sampah. Serta berbagai penghargaan untuk pegiat lingkungan hidup.

"Saat ini kita memperingati puncak hari lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kota Tegal," ujarnya.

BACA JUGA:Gulirkan Kick Off PPDB Online Kabupaten Tegal

Dan sebagai upaya untuk membantu mengurangi pemanasan global, Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri mengajak masyarakat untuk melakukan gerakan menanam pohon di setiap rumah. Karena berbagai upaya harus dilakukan, dari hal-hal yang terkecil, salah satunya di lingkungan keluarga dan setiap rumah. Langkah kecil yang harus dilakukan saat ini adalah berawal dari rumah masing-masing. 

“Tanam pohon apa saja di halaman rumah kita, apabila memang tidak memiliki lahan atau halaman rumah, kita bisa menggunakan media pot untuk menanam pohon,” imbau Dadang.

BACA JUGA:Tim Kemenag Uji Hafalan Alquran Siswa SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal

Dadang mempersilahkan masyarakat yang membutuhkan bibit tanaman untuk berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tegal untuk mendapatkan bibit tanaman yang akan ditanam. Minimal di depan rumah masing-masing ada dua tanaman.

“Sekali lagi saya mengajak, untuk mari menanam tanaman di halaman kita masing-masing,” katanya.

BACA JUGA:Rapat Paripurna Penyampaian Jawaban DPRD Kabupaten Pemalang dan Eksekutif

Selain itu, Dadang Somantri juga mengingatkan terkait dengan persoalan sampah. Pihaknya berharap seluruh peserta peringatan Hari Lingkugan Hidup Sedunia 2024 ini bisa menjadi virus positif, yang bisa mengajak tetangga atau saudara untuk bersama-sama, memilah sampah sebelum dibuang ke tempat sampah. Karena memilah sampah tentunya akan membantu mempermudah pengelolaan sampah selanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: