Gulirkan Kick Off PPDB Online Kabupaten Tegal

Gulirkan Kick Off PPDB Online Kabupaten Tegal

KOMITMEN - Kick off PPDB online yang dilaksanakan Dinas Dikbud.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI -  Bertempat di Aula Gedung PMI, Dinas Dikbud menggelar kick of dimulainya PPDB online untuk jenjang pendidikan dasar dari TK sampai SMP. Sekretaris Dinas Dikbud Satiyo SPd mewakili kepala dinas  membuka langsung perhelatan kali ini didampingi Kabid Pembinaan SMP Drs Al Fatah dan Kasi Pendidikan SMP  Dai Wibowo SPd MPd.

Sekdin didampingi Kabid Pembinaan SMP menyatakan,  kick off PPDB kali ini juga turut ditandatangani pakta integritas  PPDB online jenjang SMP  tahun ajaran 2024/ 2025. Intinya,  adanya komitmen pelaksanaan PPDB yang bersih  dan trnasparan mulai dari  pengumuman pendaftaran hingga proses seleksi dan pengumuman hasil. 

“Hal ini untuk memastikan  peserta didik  dapat mengakses pendidikan  ke jenjang selanjutnya," ujarnya.

BACA JUGA:Rapat Paripurna Penyampaian Jawaban DPRD Kabupaten Pemalang dan Eksekutif

Dalam pakta integritas tersebut juga menjamin  PPDB sesuai dengan aturan  yang berlaku dan tidak melakukan intervensi yang melanggar aturan. Yang terpenting dalam pakta integritas juga dicantumkan menjamin pelaksanaan PPDB bebas dari pungutan liar. Bila ada  pelanggaran akan dikenakan sanksi  sesuai aturan yang berlaku.

Penandatanganan pakta integritas ini dilakukan oleh ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP berikut Komwil MKKS dan kepala dinas. Menurutnya, khusus PPDB SMP 2024 di Kabupaten Tegal akan dilasanakan secara online atau daring menggunakan aplikasi yang sudah disiapkan.  

BACA JUGA:Dinkes Jateng dan Kabupaten Tegal Genjot Penguatan Pelayanan Kesehatan Tradisional

Yang perlu mendapatkan perhatian khsusu di PPDB tahun ini terkait juara lomba antarkecamatan tidak diakomodir untuk mendapatkan poni jalur prestasi. 

“Yang diakomodir hanya calon siswa didik yang mendapatkan juara I hingga III tingkat kabupaten, provinsi dan nasional," ungkapnya. 

Dia menyebut, untuk penginputan data calon peserta didik dan verifikasi awal akan dilakukan mulai tanggal 15 hingga 20 Juni 2024. Ini dilakukan oleh orang tua wali murid peserta didik dibantu oleh sekolah asal pada jam kerja. Kemudian verifikasi virtual dibuka tanggal 15 hingga 27 Juni 2024. Yang dilaksanakan satuan pendidikan atau sekolah pilihan pada jam kerja. 

BACA JUGA:Fraksi di DPRD Kabupaten Pemalang Sampaikan Pandangan Umum Raperda Tahun 2024

Adapun untuk pendaftaran seleksi calon peserta didik baru dan perubahan pilihan, sambung dia, dilakukan 28 Juni hingga 5 Juli 2024. Setelah itu dilanjut dengan jurnal harian.  

“Validasi berkas faktual digelar 6 sampai 8 Juli 2024," tambahnya. 

Selanjutnya, untuk evaluasi pengaduan, analisis dan penyusunan peringkat dilakukan pada 8 hingga 10 Juli 2024. Adapun pengumuman digelar serentak 11 Juli 2024 pada pukul 09.00 yang bisa diakses di portal ppdb.tegalkab.go.id atau aplikasi mobile. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: