Disperintransnaker Kabupaten Tegal Motivasi SDM IKM Logam

Disperintransnaker Kabupaten Tegal Motivasi SDM IKM Logam

SIMBOLIS - Kepala Disperintransnaker memberikan materi pelatihan kepada peserta AMT.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Upaya mengubah paradigma sekaligus meningkatkan motivasi Sumber Daya Manusia (SDM). Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Tegal ditempuh Dinas Perintransnaker melalui Achievement Motivation Training (AMT).

Kepala Disperintransnaker Kabupaten Tegal Riesky Trisbiyantoro didampingi  Kabid PPI Irsyad menyatakan, saat ini salah satu  kendala utama yang dihadapi IKM. Adalah rendahnya tingkat motivasi dan komitmen SDM IKM  terhadap tujuan IKM.

BACA JUGA:Dinas Perkim Kabupaten Tegal Tuntaskan RTLH di 12 Desa Tertinggal

Karyawan mungkin kehilangan semangat untuk berprestasi karena kurangnya pemahaman tentang pentingnya tujuan yang  jelas. Serta kurangnya keterampilan dalam mengatasi  hambatan-hambatan yang muncul dalam proses kerja. Sebagai respon terhadap tantangan ini, program pelatihan Achievement Motivation Training diadakan. Diharapkan, pelatihan ini dapat memberikan dorongan baru, memperkuat kinerja.

"Serta meningkatkan daya saing bagi IKM logam Kabupaten Tegal di pasar  industri nasional yang semakin  ketat," ujarnya, Rabu (12/6/2024).

BACA JUGA:Kader Posyandu di Bumijawa Kabupaten Tegal Dilatih 25 Kompetensi Dasar

Melalui pelatihan ini, SDM IKM juga terbantu merencanakan langkah-langkah untuk mencapainya. Serta mengatasi hambatan yang mungkin terjadi saat pelaksanaanya.

Dari kegiatan ini pula, nantinya diharapkan terinduksinya IKM logam tentang Achievement Motivation. 

Achievement Motivation Training merupakan program pelatihan yang diselenggarakan. Dengan tujuan untuk pengembangan diri, terutama dalam meningkatkan motivasi berprestasi para pesertanya, dalam hal ini SDM IKM logam.

BACA JUGA:Ketua DPRD Kota Tegal Minta Kegiatan Specific Grant Selesai Tepat Waktu

Program ini merupakan suatu bentuk pendidikan maupun pelatihan yang intinya untuk memberikan kesadaran pada seseorang atau individu. Supaya mengetahui potensi yang ada pada dirinya serta memotivasi individu tersebut. 

"Untuk berprestasi semaksimal mungkin," cetusnya. 

Pengembangan SDM IKM yang dapat ditimbulkan melalui metode pembelajaran kewirausahaan. Melalui pelatihan Achievement Motivation Training. Dengan kata lain, peningkatan motivasi berprestasi.

BACA JUGA:Mahasiswa Tegal Desak Pemerintah Batalkan Tapera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: