6 Tips Melunasi Utang Pinjol, Apa Saja?

6 Tips Melunasi Utang Pinjol, Apa Saja?

Tips melunasi hutang pinjol--

Apabila uang yang dialokasikan sudah ada namun belum cukup untuk melunasi utang, lebih baik lakukan pembayaran dengan jumlah minimum. Hal ini dapat membantu debitur dari penumpukan utang dengan bunga yang lebih tinggi.

Selain itu, supaya anggaran Anda aman dan tidak digunakan untuk hal yang tidak perlu, maka terapkan pola hidup hemat. Dengan menerapkan hidup hemat, Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk bayar utang.

3. Ajukan Perpanpang tenor

Nasabah bisa minta perpanjang tenor pinjaman jika saat ini mengalami kondisi finansial yang sulit untuk melunasi tagihan. Umumnya, pihak pinjol bisa dapat memberikan keringanan ini kepada nasabah.

4. Konsolidasi Utang

Apabila Anda memiliki berbagai tagihan utang, lakukan konsolidasi utang. Langkah ini yaitu dengan menggabungkan semua utang menjadi satu pinjaman dengan bunga lebih rendah, sehingga bisa mengurangi beban utang.

5. Jual Aset

Tips melunasi utang pinjol berikutnya, yakni dengan menjual aset untuk melunasi semua tagihan. Dengan menjual semua utang, Anda bisa terbebas dari berbagai macam risiko kerugian dari utang pinjol.

6. Stop Gali Lubang Tutup Lubang

Sebagian debitur pinjol seringkali terjebak jeratan utang karena mengambil pinjaman lagi untuk menutup utang sebelumnya. Padahal hal ini jelas salah, dan bisa menimbulkan risiko terjadinya penumpukan utang.

Mengambil pinjaman untuk menutup utang sebelumnya, hanya akan membebani kondisi finansial Anda saja. Selain itu, nasabah yang nekat melakukan ini hanya akan terjebak di lingkungan utang saja.

Demikian informasi seputar tips melunasi utang pinjol paling efektif untuk menghindari galbay dan cepat lunas. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: