Pakaian Adat Unik Jawa Tengah Yang Memiliki Ciri Khas Dan Terpopuler

Pakaian Adat Unik Jawa Tengah Yang Memiliki Ciri Khas Dan Terpopuler

Pakaian adat unik Jawa Tengah-Tangkapan layar diswayjateng.id-

Sedangkan untuk pria atasannya terbuka alias telanjang dada. Pakaian basahan merupakan warisan Kerajaan Mataram yang menjadi kerajaan besar di Jawa. Ciri khas lain adalah kalung yang begitu besar yang melambangkan kemewahan.

4. Kanigaran

Kanigaran dahulu sering digunakan oleh para raja untuk melambangkan keagungan dan kekuasaan. Namun, sekarang ini kanigaran sudah sering dipakai untuk acara pernikahan.

Bentuk pakaian kanigaran bagian atas berupa beskap berkerah yang dihiasi dengan sulaman-sulaman emas di sekujur bagian depan pakaian. Sedangkan bagian bawah menggunakan dodotan atau kampuh yang dililitkan di pinggang dan disampirkan di tangan.

BACA JUGA:Kenakan Pakaian Adat, Pemkab Tegal Peringati Hardiknas 2024

5. Baju Surjan

Baju adat untuk pria Jawa Tengah ini memiliki motif lurik-lurik hitam dan coklat, walaupun saat ini terdapat model surjan dengan corak warna yang lain Bagian depannya. Terdapat juga saku dan bagian bawahnya adalah kain panjang bermotif batik.

Baju Surjan terlihat lebih unik karena ada blangkon sebagai penutup kepala yang terbuat dari kain batik. Dalam adat Jawa, laki-laki berambut panjang adalah aib sehingga harus ditutup dengan blangkon.

Itulah ulasan Pakaian adat unik Jawa Tengah yang memiliki ciri khas masing-masing. Semoga bermanfaat.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: