Kenakan Pakaian Adat, Pemkab Tegal Peringati Hardiknas 2024

Kenakan Pakaian Adat, Pemkab Tegal Peringati Hardiknas 2024

PENGHARGAAN - Sekda Kabupaten Tegal Amir Makhmud menyerahkan penghargaan usai upacara peringatan Hardiknas di halaman kantor Pemkab Tegal, Kamis (2/5/2024).--

DISWAYJATENG, SLAWI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024. Upacara ini dipusatkan di Lapangan Pemkab Tegal, Kamis (2/5/2024).

Upacara dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal Amir Makhmud. Hadir dalam avara tersebut unsur Forkopimda, OPD, ASN, Tenaga Pendidik serta para pelajar di Kabupaten Tegal. Para peserta upacara ini kompak mengenakan pakaian adat tradisional.

BACA JUGA:Kawasan Industri di Kabupaten Tegal Masih Dipaksakan

Amir Makhmud saat membacakan amanat dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset RI dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan, bahwa lima tahun terakhir ini Kemendikbudristek menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar.

Sehingga Kemendikbudristek semakin menyadari tentang tantangan dan kesempatan untuk memajukan pendidikan Indonesia.

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran,” kata Amir.

BACA JUGA:Perkokoh Komitmen dan Tanggung Jawab Pembangunan Berkelanjutan dalam Peringatan Hari Otonomi Daerah

Selain itu, lanjut Amir, Kemendikbudristek juga dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi.

“(Pandemi) Itu telah mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis," ucapnya.

Amir menyebut, lima tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar.

Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh.

BACA JUGA:2 Tokoh Wanita Kabupaten Tegal Dapat Penghargaan

“Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” ujarnya.

Sementara, setelah upacara selesai, Amir menyerahkan penghargaan kepada sekolah penggerak, asesmen nasional dan implementasi kurikulum merdeka dari BBPMP Provinsi Jawa Tengah kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal serta penyerahan piagam penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: