SMA Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal Adakan Panen Hasil Belajar P5

SMA Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal Adakan Panen Hasil Belajar P5

BAJU ADAT - Para pelajar SMA Negeri 1 Pangkah memakai baju adat dalam acara panen hasil belajar P5.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - SMA Negeri 1 Pangkah, Kabupaten Tegal menggelar panen hasil belajar yang merupakan implementasi. Dari projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Kegiatan yang dipusatkan di aula sekolah ini diikuti seluruh siswa kelas X dan XI.

Pimpinan Proyek Siswa Kelas X M Ilham mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memperkuat karakter dan identitas siswa melalui tema Kewirausahaan dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam kegiatan itu, siswa kelas X mengadakan bazar produk olahan ikan lele dan minuman herbal. Sedikitnya ada 18 stand yang didirikan oleh siswa kelas X. 

BACA JUGA:Bupati Pemalang Sampaikan Pandangan Umum Raperda Prakarsa DPRD

Para siswa pun menunjukkan kemampuannya dalam mengolah bahan-bahan lokal menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi.

"Selain itu, mereka juga mempraktikkan langsung ilmu kewirausahaan yang telah dipelajari di kelas selama mengikuti mata pelajaran P5," kata Ilham.

Sementara, Pimpinan Proyek Siswa Kelas XI Pandu Sukmaulani menyatakan, kali ini siswanya mengusung tema Bhinneka Tunggal Ika. 

Para siswa mengadakan fashion show yang menampilkan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia, serta pameran replika rumah adat lengkap dengan perlengkapannya. 

BACA JUGA:Pajak Kendaraan Bermotor Diputihkan, Apa Syaratnya?

Selain itu, siswa juga menampilkan lagu dan tarian daerah sesuai dengan tema yang dipilihnya.

Acara ini tidak hanya menampilkan keragaman budaya Indonesia, tetapi juga mengajarkan siswa untuk menghargai dan merayakan perbedaan dalam keberagaman. 

"Kami berharap, kegiatan ini dapat membentuk karakter dan identitas siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: