Budayakan Moci Sambil Bersihkan Area Kantor

Budayakan Moci Sambil Bersihkan Area Kantor

GUYUB- Gelar moci usai bersih kantor yang dilakukan keluarga besar Dinas Perintransnaker.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Bentuk tindak lanjut imbauan sekda terkait membudayakan moci atau ngeteh bareng. Direspon seluruh pegawai Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal. moci kali ini digelar setelah  bersih - bersih areal kantor, Jumat (7/6/2024).

Kepala Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal Riesky Trisbiyantoro didampingi Sektretaris Sutoyo menyatakan,  banyak nilai-nilai yang tersirat dalam tradisi moci. Diantaranya silaturahmi, musyawarah atau diskusi bareng, gotong royong, kebersamaan dan persaudaraan.

"Hingga keterbukaan berpendapat," ujarnya.

Di sela-sela kegiatan,sempat dibahas soal  optimalisasi anggaran dinas. Hal itu dilakukan untuk menekan pentingnya mengelola anggaran. Perlu adanya strategi yang efektif agar penggunaan anggaran dapat memberikan dampak positif yang maksimal bagi masyarakat.

BACA JUGA:Pedagang Pasar Adiwerna Kabupaten Tegal Antusias Menyambut Sidang Tera

Menurutnya, evaluasi penyerapan anggaran sangat penting untuk memastikan bahwa setiap rupiah. Yang dianggarkan dapat digunakan dengan efisien dan tepat sasaran. Tujuannya untuk menilai sejauh mana anggaran yang telah dialokasikan dapat diserap dan dimanfaatkan secara optimal oleh berbagai program dan kegiatan dinas.

Dengan evaluasI dinas dapat mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin dihadapi dalam pelaksanaan program. 

"Selain itu, mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya," ungkapnya. 

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Gandeng DPUPR Cari Solusi Tergerusnya Talut Sungai Cacaban Cacaban

Melalui koordinasi yang baik, dinas dapat memastikan bahwa perubahan anggaran tidak mengganggu pelaksanaan program. Justru dapat meningkatkan efisiensi penggunaan anggaran. Pembahasan rencana anggaran untuk 2025 juga menjadi bagian penting dari evaluasi dan koordinasi ini.

Rencana anggaran harus disusun dengan mempertimbangkan evaluasi penyerapan anggaran tahun sebelumnya. Serta kebutuhan dan prioritas yang ada. Dengan strategi penyerapan anggaran yang tepat,  diharapkan dapat memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat. Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh dinas. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: