Tips Mengurangi Utang Pinjol Apabila Terlanjur Galbay, Auto Lunas dengan 5 Cara ini

Tips Mengurangi Utang Pinjol Apabila Terlanjur Galbay, Auto Lunas dengan 5 Cara ini

Tips mengurangi utang pinjol --

BACA JUGA:7 Cara Melunasi Utang Secara Efektif agar Tagihan Tidak Semakin Menumpuk

Cara snowball merupakan metode pembayaran utang dengan jumlah yang lebih kecil terlebih dahulu sambil membayar minimum utang lainnya. Sedangkan avalanche yaitu membayar utang dengan bunga tinggi terlebih dahulu untuk mengurangi totdal bunga yang perlu dibayarkan.

Kedua cara tersebut bisa Anda terapkan untuk memprioritaskan pembayaran utang. Selain itu, Anda bisa mengurangi utang dan bebas dari jeratan pinjaman online.

3. Negosiasi dengan Penyedia Pinjol

Langkah mengurangi utang pinjaman online berikutnya, yakni dengan negosiasi dengan penyedia pinjol. Cara ini efektif untuk mendapatkan skema pembayaran dan keringanan dalam melunasi utang.

4. Kurangi Pengeluaran Tingkatkan Pendapatan

Tips mengurangi utang pinjol berikutnya, yakni dengan menimalisir pengeluaran dan tingkatkan pendapatan. Anda perlu melakukan cara ini supaya utang bisa cepat lunas.

Dengan mengurangi pengeluaran menjadi kunci awal untuk meringankan beban tagihan utang. Sedangkan menambah pendapatan bisa dilakukan dengan cara mencari pekerjaan sampingan supaya membayar utang menjadi lebih ringan.

5. Stop Menambah Utang Baru

Supaya Anda dapat mengurangi utang, pastikan Anda jangan menambah utang baru untuk menutup utang lama. Hal tersebut biasanya disebut dengan istilah gali lubang tutup lubang.

Pasalnya dengan menambah utang bukanlah solusi untuk menyelesaikan jeratan tagihan pinjaman online. Bisa saja utang baru menjadi masalah yang tidak bisa membebaskan Anda dari jeratan pinjol dan merugikan finansial.

Demikian ulasan tentang tips mengurangi utang pinjol yang aman dan efektif supaya lepas dari lilitan utang pinjaman online. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: