Apa yang Harus Dilakukan Jika Galbay Pinjol? Terapkan 4 Solusi Cerdas Ini

Apa yang Harus Dilakukan Jika Galbay Pinjol? Terapkan 4 Solusi Cerdas Ini

apa yang harus dilakukan jika galbay pinjol--foto gadai hartadinata abadi

DISWAY JATENG - Apa yang harus dilakukan jika galbay pinjol? Berikut ada beberapa cara efektif yang bisa kalian lakukan jika sudah terlanjur menggunakan aplikasi pinjol, supaya tetap aman dan terhindari dari penagih pinjol. 

Sangat penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan jika galbay pinjol? Sebab pinjaman online bisa menyebabkan berbagai kerugian bagi nasabah, seperti penyalahgunaan data dan masalah lainnya. Supaya bisa menghindari teror dan kejaran dari Debt Collector (DC) pinjol. 

Pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai apa yang harus dilakukan jika galbay pinjol? Perhatikan beberapa metode efektif dibawah ini yang bisa kalian coba agar terbebas dari jeratan utang pinjol alias pinjaman online. 

Lantas, apa yang harus dilakukan jika galbay pinjol? Yuk simak selengkapnya berikut ini.  

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh, Begini 6 Risiko Galbay Pinjol yang Wajib Kamu Tahu, Berikut Ciri-ciri Joki Galbay Pinjol

Terlepas dari keuntungan yang diberikan, pinjol juga menimbulkan beberapa permasalahan bersifat nasional. Persoalan perlindungan data, potensi kejahatan pencucian uang (money laundering), dan pendanaan kegiatan terorisme masih menjadi risiko terbesar. Selain itu, fenomena gagal bayar (galbay) juga sangatlah tinggi. Hal itu terbukti dari data LBH (Lembaga Bantuan Hukum) Jakarta yang menerima 4.500 aduan pada 2019. 

Apa yang Harus Dilakukan Jika Gagal Bayar Pinjol?

Dasar hukum pinjol tercantum dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No.10/POJK.05/2022 mengenai Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi. Setiap tahunnya, OJK selaku pengawas kegiatan di sektor keuangan selalu merilis daftar pinjol legal dan ilegal yang tidak memiliki izin usaha. 

Sesungguhnya, sebelum gempuran pinjaman online jasa pinjaman uang sudah ada sejak lama dengan cara tradisional yang biasa disebut dengan rentenir. Rentenir sendiri yaitu pemilik dana yang meminjamkan uang kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan keuntungan dengan menerapkan bunga tertentu. 

BACA JUGA:4 Cara Menghindari Galbay Pinjol Agar Bebas Penagihan DC Lapangan, Cerdas dan Efektif

Berbeda halnya, dengan bunga pada pinjol legal yang diatur secara tegas berdasarkan peraturan perundang-undangan. Rentenir akan menetapkan sejumlah bunga yang nominalnya bisa sangat tinggi. Maka dari itu, mengutip laman sikapiuangmu.ojk.go.id, beberapa tips yang bisa dilakukan ketika menghadapi kasus gagal bayar pinjol termasuk pada rentenir, sebagai berikut :

1. Meminta Pendampingan pada Tokoh yang Paham Kasus Utang Piutang

Apabila segala cara yang diupayakan tidak berhasil antara pinjol dan peminjam tidak menemui jalan temu, maka jangan ragu untuk meminta bantuan kepada pihak yang mengerti kasus utang piutang. Kalian bisa menghubungi LBH di wilayah domisili untuk mencegah tindakan tidak diinginkan seperti penyitaan barang secara paksa maupun penyalahgunaan data pribadi. 

2. Meminta Penghapusan Bunga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: