8 Cara Menghadapi Kejaran DC Pinjol, Salah Satunya Harus Bijaksana Menjaga Emosi

8 Cara Menghadapi Kejaran DC Pinjol, Salah Satunya Harus Bijaksana Menjaga Emosi

cara menghadapi kejaran dc pinjol--

DISWAY JATENG - Kemudahan akses pinjaman online di era digital ini membawa konsekuensi munculnya debt collector dalam menagih utang. Meski begitu nasabah tak perlu takut lagi, karena ada beberapa cara menghadapi kejaran DC pinjol.

Tak jarang jika debt collector menggunakan cara-cara yang tidak profesional, bahkan melanggar hukum, hal tersebut yang menjadikan masyarakat sangat menghindarinya. Cara menghadapi kejaran DC pinjol ini dapat Anda lakukan, ketika sedang mengalami permasalahan tersebut.

Bagi Anda yang terjerat utang pinjaman online dan menghadapi debt collector yang kurang tertib, jangan khawatir karena terdapat beberapa cara menghadapi kejaran DC pinjol yang sangat efektif jika dilakukan dengan tepat.

BACA JUGA: 4 Cara Menghindari DC Pinjol dengan Tepat

8 Cara menghadapi kejaran DC pinjol

1. Ajak Negosiasi dan Buat Perjanjian Tertulis

Ajak debt collector untuk bernegosiasi mengenai pembayaran utang. Jika memungkinkan, buatlah perjanjian tertulis yang memuat kesepakatan antara Anda dan pihak pemberi pinjaman terkait jumlah cicilan, jangka waktu, dan konsekuensi keterlambatan.

Pastikan Anda membaca dengan cermat dan memahami semua poin dalam perjanjian sebelum menandatanganinya.

2. Laporkan ke OJK dan Pihak Berwajib

Jika debt collector bertindak tidak profesional, seperti melakukan intimidasi, pelecehan, atau penagihan dengan cara kekerasan, segera laporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pihak berwajib.

BACA JUGA: 5 Cara Menghadapi DC Pinjol Saat Galbay

Siapkan bukti-bukti seperti rekaman suara, video, atau pesan teks untuk mendukung laporan Anda. Jangan ragu untuk melindungi diri Anda dari tindakan yang melanggar hukum.

3. Hindari Komunikasi Tidak Resmi

Hindari komunikasi dengan debt collector melalui nomor pribadi atau media sosial yang tidak terverifikasi. Hanya komunikasikan dengan debt collector melalui saluran resmi yang disediakan oleh perusahaan pemberi pinjaman. Hal ini untuk menghindari penipuan dan memastikan keamanan data pribadi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: