Jangan Khawatir, Begini 10 Cara Mengatasi Data Pinjol Tersebar

Jangan Khawatir, Begini 10 Cara Mengatasi Data Pinjol Tersebar

cara mengatasi data pinjol tersebar--

Anda juga perlu memperbanyak literasi mengenai perlindungan data pribadi, hal ini sangat diperlukan untuk menjaga supaya data pribadi milik anda tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

5. Konsultasikan dengan Orang yang Ahli

Jika anda bingung untuk mengatasi permasalahan ini, maka anda dapat melakukan konsultasi dengan orang yang ahli dibidangnya.

6. Komunikasikan dengan Pihak Terkait

Cara mengatasi data pinjol tersebar selanjutnya adalah mengomunikasikan dengan pihak terkait. Ketika anda mengalami permasalahan ini, anda dapat memberitahu orang-orang terdekat anda tentang itu semua. Supaya mereka juga tidak terjebak dalam permasalahan yang sama.

7. Laporkan Kepada Otoritas Terkait

Ketika anda mengalami permasalahan tersebut, anda dapat langsung melaporkannya pada pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) supaya platform tersebut ditindak lanjuti.

Selain di OJK anda juga dapat melakukan pelaporan pada pihak berwajib seperti polisi, hal ini supaya permasalahan tersebut dapat diatasi dengan bantuan hukum.

8. Pemantauan dan Pengawasan

Ketika anda memiliki angsuran pinjaman online, anda wajib memantau penggunaan aplikasi yang anda miliki.

Hal ini untuk menghindari adanya penyalahgunaan aplikasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

9. Hubungi Penyedia Layanan Pinjol

Cara mengatasi data pinjol tersebar juga bisa dengan langsung menghubungi pihak platform yang anda gunakan, supaya pihak aplikasi bisa langsung menghapus data pribadi anda yang tersebar luas.

10. Perubahan dan Pembaruan Keamanan

Biasanya suatu platform akan memiliki syarat memasukan kata sandi, anda dapat mengganti kata sandi tersebut supaya dapat terhindar adanya pembajakan akun anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: