Berikut ini 13 Tips Membeli iPhone X Bekas di Tahun 2024 Ini

Berikut ini 13 Tips Membeli iPhone X Bekas di Tahun 2024 Ini

Tips memilih iPhone X bekas-Akurat.co-

DISWAYJATENG - Buat kamu yang ingin membeli iPhone x di tahun 2024 ini, kamu wajib tahu tips membeli iPhone x bekas. iPhone memang sudah mengeluarkan iPhone seri 15 sampai tahun 2024 ini, tapi tidak jarang juga yang masih mencari iPhone x.

Banyak alasan kenapa di tahun 2024 ini iPhone x masih ada yang mencarinya. Karena harga yang sudah turun jauh menjadi salah satu alasan iPhone ini masih laku di pasaran. Tips membeli iPhone x bekas ini mungkin akan sangat berguna untuk kamu.

Tidak seperti membeli barang baru, membeli barang bekas memang penuh dengan resiko yang akan kamu hadapi. Tidak jarang juga ada penjual nakal yang hanya mencari keuntungan pribadi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, tips membeli iPhone x bekas ini bisa kamu praktekan saat membeli.

Lalu, apa saja yang harus dicek saat membeli iPhone bekas? Kamu bisa simak penjelasan mengenai tips membeli iPhone x bekas di bawah ini. Baca hingga selesai ya agar informasi yang kamu dapatkan tidak setengah-setengah.

BACA JUGA:Kembali seperti Baru, 6 Tips Ini Bisa Mengatasi HP Android Lemot dan Kurang Responsif Jadi Gahar Lagi

1. Periksa Kondisi Bodi dengan Seksama

Sebelum memutuskan untuk membeli iPhone X second, pastikan kamu memeriksa kondisi bodi ponsel dengan seksama. Perhatikan dengan cermat apakah ada lecet, goresan, atau kerusakan fisik lainnya pada bodi ponsel. Bodi yang dalam kondisi baik akan menunjukkan bahwa perangkat telah dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya.

2. Uji Fungsi Tombol-Tombol Utama

Tombol-tombol utama seperti power, volume, dan tombol silent mode harus berfungsi dengan semestinya. Coba tekan setiap tombol dan pastikan tidak ada yang macet atau tidak responsif. Tombol-tombol ini sangat penting untuk pengoperasian ponsel sehari-hari.

BACA JUGA:Tips Memilih Hp Android Agar Tidak Salah Membeli, Perhatian sebelum Membeli

3. Periksa Keaslian dan Kualitas Layar

Layar adalah salah satu komponen paling penting pada sebuah ponsel. Pada iPhone X, pastikan layar memiliki fitur TrueTone yang menunjukkan keaslian LCD. Selain itu, periksa pencahayaan layar dari tingkat kecerahan terendah hingga tertinggi dan coba tampilkan gambar berwarna untuk memastikan kualitas gambar yang baik.

4. Cari Tanda-Tanda Kerusakan pada Layar

Selain memeriksa kualitas layar secara umum, jangan lupa untuk mencari tanda-tanda kerusakan seperti noda, bintik-bintik, atau goresan pada permukaan layar. Uji responsivitas layar dengan teliti, terutama di setiap sudutnya.

5. Tes Kamera Belakang dan Depan

Kamera merupakan fitur utama pada iPhone X. Pastikan kamera belakang dan depan berfungsi dengan baik, termasuk kemampuan fokus otomatis dan kualitas gambar yang dihasilkan.

BACA JUGA:Ponsel Auto Kenceng Lagi, Begini Tips Jitu Mengatasi HP Android yang Lemot Setelah Pembaruan Sistem

6. Periksa Fungsi Mikrofon

Rekam suara menggunakan mikrofon dan pastikan tidak ada masalah seperti suara yang terdistorsi atau tidak ada respons sama sekali. Mikrofon yang baik sangat penting untuk panggilan telepon dan perekaman audio.

7. Evaluasi Kondisi Baterai

Baterai adalah salah satu komponen paling penting pada ponsel. Periksa persentase baterai dan lihat apakah baterai turun dengan cepat setelah beberapa menit penggunaan. Baterai yang baik akan memiliki daya tahan yang cukup lama.

8. Tes Sensor Fingerprint atau Face ID

iPhone X dilengkapi dengan fitur keamanan canggih seperti sensor fingerprint atau Face ID. Pastikan fitur-fitur ini berfungsi dengan baik untuk membuka kunci ponsel dengan aman.

9. Verifikasi IMEI dan Jaringan

Periksa IMEI (International Mobile Equipment Identity) yang tertera pada kotak dan di ponsel. Pastikan kedua nomor IMEI tersebut sesuai dan valid. Selain itu, uji jaringan dengan memasukkan beberapa kartu SIM dari operator yang berbeda untuk memastikan kompatibilitas.

10. Tes Sensor Proximity dan Speaker

Saat melakukan panggilan telepon, sensor proximity harus berfungsi dengan baik untuk mematikan layar saat ponsel didekatkan ke telinga. Selain itu, periksa kualitas speaker dengan memutar musik dan pastikan suara keluar dengan jelas dari speaker atas dan bawah.

11. Periksa Port Charging dan Headphone

Pastikan port charging dan headphone tidak mengalami kerusakan atau masalah apapun. Cobalah untuk menghubungkan kabel charger dan headphone untuk memastikan keduanya berfungsi dengan baik.

12. Reset iPhone ke Pengaturan Pabrik

Sebelum menyelesaikan pembelian, lakukan reset pada iPhone untuk menghapus semua konten dan pengaturan sebelumnya. Pastikan ponsel kembali ke menu awal tanpa kendala setelah proses reset selesai.

13. Beli dari Penjual Terpercaya

Terakhir, utamakan untuk membeli iPhone X second dari penjual yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab setelah transaksi. Hal ini akan memberikan rasa aman dan mengurangi risiko masalah di kemudian hari.

Dengan mengikuti tips membeli iPhone x bekas ini, kamu dapat memastikan bahwa iPhone X second yang kamu beli dalam kondisi terbaik dan siap untuk digunakan sehari-hari(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: