DC Lapangan Pinjol Datang ke Kantor? Begini Cara Menghadapi Penagihannya

DC Lapangan Pinjol Datang ke Kantor? Begini Cara Menghadapi Penagihannya

Cara menghadapi DC lapangan pinjol yang datang ke kantor--

BACA JUGA: DC Lapangan Pinjol Bisa Datang Menagih Utang ke Desa dengan 3 Alasan Berikut ini

2. Sampaikan Bahwa Lokasi Tidak Tepat

Anda bisa menanggapi dan jelaskan kepada DC bahwa lokasi untuk menagih utang tidak tepat. Katakan pada DC lapangan bahwa proses penagihan yang dilakukan menganggu aktivitas dan privas Anda.

3. Minta Identitas DC

DC lapangan yang datang ke kantor Anda bisa meminta identitas beserta surat profesi. Jika perlu catat juga nama, nama perusahaan, dan nomor kontak resmi mereka jika sewaktu-waktu ingin menghubungi.

Hal ini bertujuan bahwa untuk memastikan bahwa DC yang menagih berasal dari utusan penyedia pinjol. Selain itu, ini berguna untuk menghindari debt collector palsu.

BACA JUGA: 7 Rahasia Pinjol Anti Galbay, Dijamin Terhindar dari Bunga yang Mencekik dan Teror DC Lapangan

4. Sampaikan Prosedur Penagihan DC Lapangan

Apabila debt collector penagih utang melakukan penagihan ke kantor, Anda bisa menyampaikan larangan penagihan ke tempat kerja. Anda dapat menyebutkan poin-poin dalam POJK Nomor 6/POJK.07/2020 tentang Penyelenggaraan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi.

5. Laporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Apabila semua cara di atas tidak efektif, Anda bisa mengancam debt collector dengan mengancam ke OJK. Anda bisa buat laporan dengan mengunjungi kantor terdekat atau melalui laman resmi OJK.

Demikian informasi seputar cara menghadapi DC lapangan pinjol yang datang ke kantor supaya nasabah aman meski nunggak atau galbay. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: