Pemkab Tegal Adakan Evaluasi Statistik Sektoral

Pemkab Tegal Adakan Evaluasi Statistik Sektoral

SINERGI - Evaluasi statistik sektoral berikut pencanangan Desa Cinta Statistik.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Bertempat di ruang rapat bupati. Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tegal bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tegal. Menyelenggarakan evaluasi Penyelenggaraan Kegiatan Satu Data Statistik Sektoral dan Pencanangan Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) Tahun 2024. Gelaran kali ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud dan dihadiri Kepala Bappedalitbang Kabupaten Tegal M Faried Wajdy. 

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Nurhayati menyampaikan bahwa suatu pekerjaan jika dilakukan bersama. Akan terasa mudah, begitu juga dengan penyelenggaraan satu data statistik sektoral dan pelaksanaan desa cantik. Yang membutuhkan kerja sama dan kolaborasi yang baik antarstakeholder terkait. 

BACA JUGA:Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Upgrading Kompetisi Supervisi Akademik

“Dengan kerja sama yang baik mudah-mudahan tujuan kita bersama akan dapat dicapai dengan optimal," ujarnya.

Evaluasi dilakukan dengan mengulas kegiatan yang telah dilakukan, yaitu pembinaan pada 30 OPD terkait. Harapannya, ini menjadi pijakan OPD dalam penyelenggaraan kegiatan statistiknya. Pencanangan Desa Cantik Kabupaten Tegal merupakan langkah awal pelaksanaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik). Dimana harapannya desa mampu mengelola data yang dimiliki untuk pembangunan desa menuju desa maju.

BACA JUGA:BEM FKIP UPS Tegal Adakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa

"Pilot project yang ada di Kabupaten Tegal, yaitu Desa Pagerwangi, Kecamatan Balapulang. Desa Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna dan Desa Sidapurna, Kecamatan Dukuhturi," ungkapnya. 

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal  Amir Makhmud membuka evaluasi. Dengan penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral, diharapkan informasi yang diperoleh bisa menjadi landasan kebijakan yang lebih tepat dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah di berbagai sektor, seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Pencanangan dapat menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya statistik dalam pembangunan. 

BACA JUGA:DPC Partai Gerindra Kabupaten Pemalang Buka Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup

“Melalui program ini, diharapkan masyarakat, terutama di tingkat desa, dapat lebih memahami dan memanfaatkan data statistik untuk mengembangkan potensi lokal, merencanakan pembangunan, dan memantau kemajuan," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: