7 Tips Aman Menggunakan Pinjol yang Jarang Diketahui

7 Tips Aman Menggunakan Pinjol yang Jarang Diketahui

tips aman menggunakan pinjol--

3. Membaca Ulasan

Supaya aman sebelum melakukan pengajuan anda perlu membaca semua ulasan di platform tersebut, jika rata-rata ulasan yang diberikan pengguna lain jelek maka urungkan pengajuan pinjaman di platform tersebut.

Begitu juga sebaliknya jika ulasan yang diberikannya bagus maka anda dapat melakukan pengajuan di platform tersebut.

4. Terdaftar/Berizin dari OJK

Tips aman menggunakan pinjol dengan memastikan platform tersebut resmi OJK.

Dalam mengajukan pinjaman anda wajib mengecek kelegelitasan platform tersebut terlebih dahulu, hal ini supaya mengantisipasi anda terjebak dalam permainan mereka.

Karena kini tersebar aplikasi ilegal yang menawarkan syarat mudah dan cepat, namun walaupun begitu mereka akan menjebak anda dengan menaikan suku bunga secara tiba-tiba tanpa adanya konfirmasi pada debitur.

Oleh karena itu sebelum melakukan pengajuan pinjaman pastikan platform tersebut sudah mengantongi izin dari OJK, anda dapat mengeceknya di website resmi OJK.

5. Tata Cara Pengajuan Efisien dan Transparan

Bagi pinjaman yang sudah legal mereka akan memiliki syarat pengajuan yang mudah dan sangat transparan, berbanding terbalik dengan platform yang ilegal mereka memiliki proses yang berbelit-belit.

Maka dari itu jika anda menemukan platform yang memiliki syarat dan ketentuan yang tergolong tertutup atau tidak transparan, wajib anda hindari penggunaan aplikasinya.

6. Penawaran Tidak Melalui Pesan

Aplikasi pinjaman yang sudah resmi terdaftar di OJK tidak akan menawarkan aplikasinya melalui pesan, berbanding terbalik dengan pinjaman yang ilegal.

Pinjaman ilegal akan memberikan penawaran melalui WhatsApp maupun panggilan telepon langsung, jika anda menerima penawaran melalui telepon atau pesan anda perlu mengabaikannya dan jangan sampai tergiur untuk melakukan pengajuan.

7. Batas Waktu Pembayaran yang Jelas 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: