7 Solusi Tidak Bayar Utang Pinjol Jika Terlanjur Galbay, Bebas dari Teror dan Kejaran DC Lapangan

7 Solusi Tidak Bayar Utang Pinjol Jika Terlanjur Galbay, Bebas dari Teror dan Kejaran DC Lapangan

Solusi tidak bayar utang pinjol --

4. Ajukan Restrukturasi Utang Pinjol

Mengajukan perpanjangan atau restrukturisasi pinjol saat dihubungi pihak pinjol legal untuk membayar utang yang sudah melewati batas waktu. Caranya, Anda bisa menghubungi penyedia pinjaman dan jelaskan situasi keuanganmu saat ini.

BACA JUGA: 2 Metode Cara Menghitung Bunga Pinjol Paling Mudah, Hindari Bunga Mencekik Leher dari Awal

Anda bisa membuat kesepakatan dengan penyedia pinjol sesuai kemampuan pembayaran utang. Misalnya dengan mengajukan perpanjangan jangka waktu cicilan, meminta diskon cicilan, atau potongan kredit dalam sekali pelunasan. 

5. Negosiasi Pengurangan Bunga

Solusi jika tidak bayar utang pinjol berikutnya, yakni dengan negosiasi pengurangan bunga dan biaya yang dikenakan lainnya. Apabila Anda merasa keberatan bisa ajukan keringanan tersebut kepada penyedia pinjol.

Jelaskan kepada penyedia pinjol apa yang membuat Anda kesulitan untuk membayar tagihan. Besaran bunga dan denda yang disesuaikan dapat mengurangi beban angsuran, sehingga lebih mudah melunasi utang. 

BACA JUGA: Begini Cara Menghadapi Teror DC Lapangan Pinjol Agar Kapok Menagih Utang, Nasabah Galbay Gak Perlu Panik

6. Jangan Ambil Pinjaman Tambahan

Apabila saat ini merasa kesulitan untuk melunasi utang, sebaiknya jangan ambil pinjaman lagi. Langkah ini hanya akan memperburuk situasi Anda, dan utang tak kunjung lunas.

7. Buat Laporan ke OJK atau Polisi

Jika saat ini Anda galbay dan mengalami intimadasi dan penagihan kasar dari debt collector, Anda bisa laporkan ke polisi atau OJK. Sertakan bukti yang kuat jika ingin melaporkannya ke pihak berwenang seperti rekaman suaran, isi chat, dan lainnya.

Demikian informasi tentang solusi tidak bayar utang pinjol yang aman dan efektif untuk Anda coba. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: