8 Cara Menghadapi DC Lapangan Pinjol yang Paling Efektif dan Wajib Dicoba

8 Cara Menghadapi DC Lapangan Pinjol yang Paling Efektif dan Wajib Dicoba

cara menghadapi dc lapangan pinjol --foto radar tegal

Jika para penagih hutang tersebut terus-menerus melakukan intimidasi, segera laporkan ke pihak berwenang. Seperti OJK atau Satgas Waspada Investasi. 

Nantinya pihak tersebut akan memberikan bantuan dengan melakukan tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

BACA JUGA:6 Tips Menghadapi DC Lapangan Pinjol yang Agresif saat Menagih Utang, Nasabah Galbay Gak Perlu Panik

4. Jangan Panik 

Debt collector pinjol sering kali mengeluarkan nada intimidasi hingga ancaman. Sekalipun kalian merasa tidak pernah menggunakan pinjaman online, mereka akan terus menerornya. 

Sikap yang paling tepat menghadapinya yaitu tidak atau jangan panik. Pasalnya, sikap tenang akan membawa kalian lebih santai menghadapi debt collector pinjol.

5. Kumpulkan Seluruh Bukti 

Selama mengalami teror dan intimidasi dari debt collector, pastikan menyimpan bukti kuatnya, seperti hasil rekaman telepon atau suara, bukti chat atau pesan, bahkan video dari penagih utang tersebut. 

Seluruh bukti itu nantinya menjadi pendukung pengaduan kalian. Hal ini bisa menjadi bukti kuat jika kasus tersebut di bawa ke ranah hukum.

6. Hindari Memberikan Identitas Diri 

Jangan pernah kalian memberikan informasi identitas diri kepada penagih hutang. Rahasiakan baik-baik identitas diri kalian, seperti nomor KTP hingga nomor rekening bank. 

Kalian cukup memberikan informasi jumlah utang dan jangka waktu pelunasan. Karena itu, sebagai nasabah kalian harus mengenali hak-hak kita dan segera melaporkan jika mendapatkan intimidasi.

BACA JUGA:4 Kesalahan Menghadapi DC Lapangan Pinjol yang Dapat Menimbulkan Masalah di Kemudian Hari

7. Catat Informasi 

Jika mereka memberikan informasi tentang utang yang mereka klaim, catat semua detailnya, termasuk nama, nomor kontak, perusahaan yang mereka wakili, dan detail utang yang mereka tagih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: