6 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

6 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

cara melunasi utang pinjol yang menumpuk --foto propertree

3. Jalani Hidup Hemat 

Untuk membebaskan diri dari utang pinjol, cara terbaik yang bisa dilakukan yaitu berhemat dan mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan. Tidak semua hal bisa dikurangi, tapi kalian bisa memilihnya dengan bijak. 

4. Cari Pemasukan Tambahan

Cara berikutnya yaitu dengan mencari pemasukan tambahan. Kalian bisa melakukan usaha yang bisa dilakukan, mulai dari membuka jasa belajar online, jasa titip belanja rumahan, bisnis makanan, dan masih banyak lainnya. 

Carilah usaha atau bisnis sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama, seperti di malam hari atau di akhir pekan. 

Aktivitas ini memang akan menguras tenaga, namun cara ini merupakan salah satu cara terbaik untuk membebaskan kalian dari utang.

5. Ajukan Permohonan Pembayaran dengan Bunga Rendah 

Cara melunasi utang pinjol yang menumpuk berikutnya yaitu mengajukan permohonan untuk membayar cicilan utang dengan bunga rendah.  Sayangnya, langkah ini sangat jarang diketahui banyak orang sehingga mereka memilih kabur sementara waktu sampai mendapatkan uang untuk membayar cicilan. 

Memang tidak selalu diterima, namun jika benar memiliki kendala, kalian bisa berdiskusi dengan pihak piutang untuk mencari jalan tengah dari masalah tersebut. Strategi ini menjadi opsi terbaik untuk melunasi utang pinjol lebih awal untuk menghindari beban tambahan dari bunga atau denda keterlambatan.

BACA JUGA:Utang Menumpuk? Inilah 10 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk agar Cepat Lunas Terbaru 2024

6. Prioritaskan Hutang dengan Bunga Besar 

Jika kalian memiliki jeratan hutang lebih dari satu, maka memprioritaskan hutang dengan bunga paling besar yaitu salah satu cara lepas dari pinjol yang perlu dicoba. 

Kalian bisa menuliskan pokok kredit, bunga, tenor, serta jumlah cicilan perbulan untuk masing-masing hutang. Jika daftarnya sudah dibuat, fokuslah untuk membereskan hutang dengan kredit pokok terbesar. 

Hal ini perlu dilakukan agar kalian tidak kebingungan terkait hutang yang harus dilunasi terlebih dahulu. Apabila hutang paling besar sudah terselesaikan, maka kalian bisa beranjak untuk melunasi hutang-hutang lainnya sesuai urutan.

Itulah beberapa informasi seputar cara melunasi utang pinjol yang menumpuk yang bisa kalian coba dan terapkan agar tidak dikejar dan diteror oleh Debt Collector pinjol. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: