6 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

6 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

cara melunasi utang pinjol yang menumpuk --foto propertree

DISWAY JATENG - Banyak orang kesulitan mencari cara melunasi utang pinjol yang menumpuk. Tidak jarang, hal ini menjadi penyebab masalah keuangan, dan sebetulnya bukan pilihan bijak untuk menutupi segala persoalan finansial yang kalian miliki. 

Utang pinjaman online bisa menjadi masalah serius bagi finansial seseorang jika tidak dikelola dengan baik. Maka dari itu, perlu tahu cara melunasi utang pinjol yang menumpuk agar tidak terlalu terbebani. 

Banyak orang terjebak dalam lingkaran hutang yang semakin bertambah besar karena bunga dan biaya yang tinggi. Karena itu agar terhindar dari risiko yang merugikan, sebaiknya ketahui cara melunasi utang pinjol yang menumpuk supaya tetap aman. 

Jika kalian merasa terjebak dalam situasi tersebut, berikut adalah beberapa cara melunasi utang pinjol yang menumpuk yang bisa kalian coba supaya bebas dari jeratan pinjaman online. 

BACA JUGA:Cara Melunasi Utang Pinjol yang Belum Lunas, Solusi Jitu Agar Cepat Keluar Dari Lilitan Utang

Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk 

1. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang 

Dalam hal ini, gali lubang tutup lubang berarti mengajukan pinjol baru untuk membayar pinjol yang sudah jatuh tempo sebelumnya. 

Meski menyelesaikan masalah tersebut, namun hal ini tidak akan membuat kalian terbebas dari jeratan pinjol. Masalah yang sama pun akan terulang kembali.

2. Analisis Pendapatan dan Pengeluaran 

Cara melunasi utang pinjol yang menumpuk selanjutnya yaitu dengan menganalisa pendapatan dan pengeluaran bulanan. 

Untuk melakukan cara ini, kalian hanya memerlukan sebuah buku catatan atau spreadsheet untuk membuat perencanaan. Setelah menganalisa, kalian dapat membuat strategi untuk melunasi utang. 

Dilansir dari Kementerian Keuangan, sebaiknya mengalokasikan dana sebesar 25% sampai 35% untuk membayar utang. Persentase ini dibilang sangat baik dan tidak mengganggu pengeluaran bulanan lainnya.

BACA JUGA:8 Cara Melunasi Utang Pinjol Supaya Cepat Lepas dari Lilitan Utang, Terbukti Aman dan Efektif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: