Deretan 5 Tempat Bangunan Bersejarah di Kota Tegal yang Masih Eksis hingga Sekarang

Deretan 5 Tempat Bangunan Bersejarah di Kota Tegal yang Masih Eksis hingga Sekarang

tempat bangunan bersejarah di kota tegal --foto tribunnewswiki.com

DISWAY JATENG - Berikut ini ada beberapa tempat bangunan bersejarah di Kota Tegal yang merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang telah berusia lebih dari empat abad.

Wilayah yang kaya akan jejak sejarah, terlihat dari berbagai tempat bangunan bersejarah di Kota Tegal yang legendaris peninggalan masa lampau yang menandakan Kota Tegal sudah berkembang sejak jaman dahulu.

Secara historis, Kota Tegal sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda sebagai pusat perdagangan. Secara letak, Kota Tegal juga dianggap sebagai kota yang strategis hingga pernah menjadi ibu kota keresidenan pada tahun 1927 yang meliputi Tegal, Pemalang, dan Brebes. Untuk itu, perlu tahu ada berbagai tempat bangunan bersejarah di Kota Tegal yang kini sangat memikat bagi para pengunjung. 

Lantas, apa saja sih tempat bagunan bersejarah di Kota Tegal yang perlu kalian ketahui hingga populer saat ini, dan semakin ramai banyak pengunjung yang berdatangan diberbagai daerah. Yuk simak berikut ini. 

BACA JUGA:Healing Tipis-tipis, Inilah Daya Tarik Alun-alun Kota Tegal yang Menjadi Kebanggaan Warga Sekitar

Berikut Deretan Tempat Bangunan Bersejarah di Kota Tegal

1. Masjid Agung Kota Tegal

Masjid Agung Kota Tegal berlokasi di dekat dengan Pendapa Ki Gede Sebayu, masjid ini merupakan bangunan bersejarah di Kota Tegal yang didirikan pada tahun 1825. Pembangunannya juga bertahap dan berdiri di atas tanah wakaf seluas 2.864,36 meter persegi.

Wakaf tanah ini merupakan pemberian dari seorang penghulu bernama Kiai Abdul Aziz. Masjid ini memakan waktu hampir 5 tahun dalam pembangunannya. Waktu yang cukup lama terjadi karena berlangsung dengan perang antara Pangeran Diponegoro dan Belanda.

2. Gedung DPRD Kota Tegal 

Gedung DPRD Kota Tegal merupakan satu di antara sederet tempat bangunan bersejarah yang ada di Kota Tegal. Bangunan peninggalan Belanda ini dibangun pada tahun 1750-an oleh seorang arsitek Belanda bernama Mathjis Willem de Man.

Bangunan ini semula dijadikan rumah pribadi residen Tegal. Namun, fungsi bangunan lambat laun berubah menjadi Balai Kota Tegal pada 1987, dan kini menjadi Kantor DPRD Kota Tegal.

BACA JUGA:Puskesmas Tegal Timur Kota Tegal Adakan Pemeriksaan Kesehatan Berkala kepada Anak Usia Sekolah

3. Benteng Pasar Pagi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: