5 Cara Menghadapi Debt Collector yang Datang ke Rumah

5 Cara Menghadapi Debt Collector yang Datang ke Rumah

Jangan Khawatir! Begini 5 Cara Menghadapi Debt Collector yang Datang ke Rumah-pinterest-

Debt collector datang ke rumah biasanya akan meminta kamu untuk membayar cicilan secara langsung. Sebaiknya jangan terburu-buru untuk melakukan pembayaran. Pastikan mereka memberi lembar pembayaran atau struk sebagai bukti yang sah.

Bukti tersebut untuk menunjukkan kapan kamu membayar, dan berapa jumlah yang dibayarkan melalui debt collector. Perlu dicatat, kamu hanya bertanggung jawab membayar utang atau cicilan yang kamu pinjam. 

Jika terdapat oknum nakal yang meminta uang untuk alasan uang bensin, uang makan, rokok, dll. Maka kamu berhak menolaknya.

4. Pahami Hak Kamu sebagai Nasabah

Cara menghadapi debt collector yang datang ke rumah selanjutnya adalah kamu harus mengetahui dengan benar hak-hak kamu sebagai nasabah. Ada aturan yang jelas bagaimana debt collector harus beroperasi. 

Mereka tidak diperbolehkan melakukan kekerasan verbal dan fisik, memberi ancaman atau intimidasi, dalam proses penagihan utang. DC lapangan hanya boleh menagih pada pukul 08.00 – 20.00, menagih ke pemegang kartu, dan Alamat yang tercantum.

5. Gunakan Bantuan Hukum Jika Perlu

Jika debt collector melanggar hukum dan aturan yang dilakukan saat pengihan, kamu dapat mengadukan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau hak kamu masih dilanggar dan cara ini tidak efektif, maka jangan ragu untuk mencari bantuan hukum.

Kamu dapat menghubungi pengacara atau Lembaga perlindungan untuk mendapatkan saran serta bantuan lebih lanjut.

BACA JUGA:5 Cara Menghadapi DC Lapangan Pinjol Datangi Alamat Pribadi, Mintalah Surat Tugas dan Sertifikat Resmi

Cara menghadapi debt collector yang datang ke rumah memang bisa menegangkan, namun dengan langkah yang tepat, kamu akan berhasil mengatasi situasi tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: