5 Cara Menghadapi DC Lapangan Pinjol Datangi Alamat Pribadi, Mintalah Surat Tugas dan Sertifikat Resmi

5 Cara Menghadapi DC Lapangan Pinjol Datangi Alamat Pribadi, Mintalah Surat Tugas dan Sertifikat Resmi

cara menghadapi dc lapangan ke alamat pribadi--foto radar tegal

DISWAY JATENG - Pinjol atau pinjaman online merupakan salah satu fintech peer to peer (P2P) lending yang menawarkan pinjaman uang dengan berbagai tawaran yang menarik. Namun, ada risiko jika nasabah gagal bayar, salah satunya menghadapi DC lapangan pinjol ke alamat pribadi. 

Pinjaman online menawarkan banyak kemudahan, diantaranya pinjaman dengan bunga rendah dan tanpa jaminan yang ribet. Namun, sebelum mengajukan pinjaman melalui pinjol alangkah baiknya untuk menelusuri apakah penyelenggara pinjol tersebut sudah legal dan diawasi oleh OJK. Sehingga butuh persiapan menghadapi DC lapangan pinjol jika memang telat bayar.

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang menjadikan pinjol ini sebagai salah satu jalan keluar dari permasalahan keuangan yang sedang menimpa. Tahu cara menghadapi DC lapangan pinjol adalah jurus cerdas karena ada risiko galbay.

Bagi kalian yang terjerat kasus galbay dan didatangi oleh debt collector (DC) lapangan pinjol, jangan takut! Ini dia beberapa cara untuk menghadapi DC lapangan pinjol yang mendatangi alamat pribadi kalian. Intip rangkumannya berikut ini.

BACA JUGA:Nasabah Jangan Sampai Galbay, Inilah Daftar 10 Pinjol yang Memiliki DC Lapangan Datang ke Rumah Terbaru 2024

1. Jelaskan Kondisi dan Kendala Pada DC Lapangan Pinjol

Jika kalian mengalami galbay dan DC lapangan mendatangi rumah kalian, jelaskan kondisi dan kendala kalian mengalami galbay kepada DC lapangan dengan jujur, tenang dan sopan. Hal tersebut perlu kalian jelaskan kepada DC lapangan agar mereka bisa memberikan solusi dan memahami keterlambatan pembayaran hutang kalian.

2. Mintai DC Lapangan Keterangan Seperti Identitas/Surat Tugas

Selanjutnya cara menghadapi DC lapangan pinjol yang berkunjung kekediaman kalian, mintailah mereka terkait identitas DC lapangan tersebut terlebih dahulu. setelah itu tanyakan soal surat tugas atau bisa saja menanyakan sertifikat resmi DC lapangan tersebut untuk menghindari kemungkinan DC ilegal.

BACA JUGA:12 Daftar Pinjol Legal Tanpa DC Lapangan Resmi OJK Terbaru 2024, Tak Perlu Takut Penyebaran Data Pribadi

DC lapangan pinjol yang legal adalah mereka yang memiliki surat tugas resmi dari penyelenggara pinjol yang memang ditugaskan oleh kantor untuk menagih hutang nasabah. DC lapangan juga harus memiliki sertifikat resmi profesi mereka, jika tidak memiliki semua itu lebih baik abaikan saja.

3. Laporkan Jika Menerima Perlakuan Tidak Wajar DC Lapangan Pinjol

Jika kalian sudah menjelaskan segala kondisi dan kendala kepada DC lapangan pinjol yang mendatangi rumah kalian tetapi malah mendapatkan ancaman serta perlakuan tidak wajar dari DC lapangan, kalian bisa langsung melaporkannya ke pihak berwajib.

4. Menerima Kedatangan DC Lapangan dengan Baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: