DP3AP2KB Gandeng SMA Negeri 3 Slawi

DP3AP2KB  Gandeng SMA Negeri 3 Slawi

ANTUSIAS - Kegiatan SSK yang dilakukan dihadapan warga SMA Negeri 3 SLAWI.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWIDP3AP2KB merupakan salah satu kedinasan yang melakukan pengendalian penduduk. Salah satu program yang digalakkan guna menyiapkan Indonesia Emas 2045 adalah Sekolah Siaga Kependudukan (SSK). Sesuai namanya, SSK berkolaborasi dengan sekolah-sekolah yang ada di sekitar wilayah DP3AP2KB bernaung, salah satunya SMAN 3 Slawi.

Kepala SMAN 3 Slawi Masduki SPd MPd  menyatakan, sasaran  kegiatan tersebut adalah siswa SMA sebagai pilar pada 2045. Siswa perwakilan tiap kelas antusias mengikuti kegiatan di aula lantai 2. 

“Peserta merupakan perkalian kelas disertai anggota ekskul PIK-R dan Duta Genre," ujarnya.

BACA JUGA:176 Kelompok Tani di Kabupaten Pemalang Dapat Pompa Air dari Kementerian Pertanian

Menurutnya,  sosialisasi  SSK terdiri atas 4 narasumber. Yakni  Plt Kepala Tata Usaha SMAN 3 Slawi, Kabid DP3AP2KB, Kemenag dan Koordinator SSK DP3AP2KB. 

Plt Kepala Tata Usaha Retno Setyaningrum SPd menyampaikan materi berkenaan dengan perlunya kolaborasi dalam menggalakan SSK. Kolaborasi yang dimaksud adalah mitra antara DP3AP2KB dengan lembaga lain yang berkaitan dengan program yang dijalankan.

BACA JUGA:Ratusan Warga Kabupaten Tegal Padati Kirab Pataka dan Berebut Gunungan Hasil Bumi

Selanjutnya materi dari dr Bening Priambudi MM, Kabid Dalduk, KS dan KB Dinas P3AP2KB.  Pihaknya  menyampaikan materi terkait reproduksi, investasi dan life skill, soft skill dan hard skill. Dia menyampaikan pentingnya 3 bagian tersebut untuk dipersiapkan bagi generasi hari ini. Sebagai bekal menuju Indonesia Emas 2045.

Materi berikutnya disampaikan pihak Kemenag Kabupaten Tegal Masruri SAg. Dia memberikan penjelasan terkait 5 hal yang harus dijaga sebelum datang 5 hal lainnya. Yaitu masa muda sebelum masa tua, masa sehat sebelum masa sakit, masa kaya sebelum masa miskin. Masa luang sebelum masa sempit dan hidup sebelum mati. 

“Saya harap siswa yang ikut hadir dapat menjadi pioneer bagi kegiatan di sekolah," ungkapnya.

BACA JUGA:6 Bacabup dan Bacawabup Resmi Daftar di DPC PKB Kabupaten Pemalang

Paparan terakhir disampaikan oleh Koordinator SSK Cecilia Sri Rahayu SKMMKes. Pihaknya  menyampaikan paparan tentang perlunya menggandeng PIK-R sekolah dan konselor teman sebaya. Keberhasilan SSK tercapai apabila sekolah memiliki reputasi baik bagi kondusivitas pembelajaran peserta didik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: