176 Kelompok Tani di Kabupaten Pemalang Dapat Pompa Air dari Kementerian Pertanian

176 Kelompok Tani di Kabupaten Pemalang Dapat Pompa Air dari Kementerian Pertanian

MENYERAHKAN - Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyerahkan bantuan pompa air secara simbolis kepada kelompok tani.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG – Sebanyak 176 kelompok tani dan 42 Brigade Alsintan di Kabupaten Pemalang menerima bantuan pompa air dari Kementerian Pertanian RI. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat di Aula Makodim 0711 Pemalang. 

Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, pemberian bantuan pompa air ini, merupakan wujud perhatian Kementerian Pertanian dalam upaya pertambahan areal tanam di Kabupaten Pemalang.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menambah areal tanam yaitu dengan pompanisasi. Sehingga adanya pompanisasi ini, diharapkan dapat membantu petani untuk memenuhi kebutuhan air di lahan pertaniannya.

BACA JUGA:Ratusan Warga Kabupaten Tegal Padati Kirab Pataka dan Berebut Gunungan Hasil Bumi

"Maka perlu saya sampaikan, bahwa pemberian bantuan pompa air kepada petani ini, merupakan salah satu wujud perhatian Kementerian Pertanian terhadap upaya pertambahan areal tanam di Pemalang,”katanya.

Bupati lebih lanjut berharap indeks pertanam di Kabupaten Pemalang dapat meningkat. Artinya yang awalnya  setahun hanya satu kali tanam, maka bisa menjadi dua kali tanam. 

"Kemudian, yang awalnya dua kali tanam, maka bisa menjadi tiga kali tanam,”ujarnya.

BACA JUGA:Murid SD di Kabupaten Pemalang Diajari Menanam Padi

Dijelaskannya , pompanisasi tersebut sangat berguna untuk meningkatkan produktifitas areal tanam, terutama di lahan - lahan pertanian yang sulit untuk mendapatkan suplai air. Seperti saat musim kemarau datang, sawah tadah hujan, maupun lahan pertanian dengan kondisi tertentu, tentunya membutuhkan bantuan pompa untuk mengalirkan air di sawahnya.

“Pada pokoknya, pompanisasi ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas pertanian daerah, terutama di lahan-lahan pertanian yang sulit mendapatkan suplai air,"jelasnya.

BACA JUGA:Apresiasi Anugerah Literasi di Jawa Tengah

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang Prayitno dalam laporannya menyampaikan latar belakang Pemalang memperoleh bantuan alat pertanian dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian. 

Karena Kabupaten Pemalang ini, menduduki peringkat ke-tiga produksi gabah kering di Jawa Tengah. Sehingga  Menteri Pertanian (Mentan) berkunjung di Kabupaten Pemalang, dimana dalam kunjungannya  Mentan melihat potensi besar pertanian yang ada di Kabupaten Pemalang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: