Dinas Sosial Kabupaten Tegal Gelontorkan Bansos Atensi Yatim Piatu

Dinas Sosial Kabupaten Tegal Gelontorkan Bansos Atensi Yatim Piatu

SIMBOLIS - Kabid Rehabsos memberikan bansis ATENSI Yapi di aula kantor.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Sebagai bentuk kepedulian kepada anak yatim piatu. Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan sosial Atensi anak yatim dan piatu. Dalam penyaluran  bantuan yang bersumber dari Kemensos tersebut, Dinas Sosial bekerjasama dengan Bank Mandiri.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Iwan Kurniawan melalui Kabid Rehabsos Makmur menyatakan,  jumlah penerima bansos Atensi sebanyak 1.673 penerima. 

"Bansos ini merupakan program dari Kementerian Sosial dengan memberikan bantuan kepada anak yatim dan/atau piatu. Dengan tujuan untuk meringankan beban pengeluaran anak," ujarnya, Selasa (14/5/2024).

BACA JUGA:Poltek Harber Tegal Bekali Mahasiswa Menjadi Problem Solver

Ditegaskan, tujuan pemberian bantuan ini untuk membantu mencukupi kebutuhan sekolah anak.Seperti beli tas, sepatu, alat tulis. Jadi dikhususkan untuk anaknya. Bantuan tersebut diberikan Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Kabupaten Tegal  secara rutin setiap bulan sebesar Rp200.000.

"Ini tahap pertama bulan Januari sampai April. Berarti anak yatim tersebut menerima total sebesar Rp800.000,” cetusnya.

Selain itu, Makmur  melanjutkan, bantuan tersebut dapat diberhentikan penyalurannya apabila penerima tidak lagi memenuhi kualifikasi. Yakni, berusia lebih dari 18 tahun, orang tua sudah menikah lagi. Pindah alamat dan tidak ditemukan keberadaanya atau bahkan penerima sudah meninggal.

BACA JUGA:Ini Dia Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-423

Melalui penyaluran bantuan ini, pihaknya berharap dapat mencukupi kebutuhan untuk anaknya serta dimanfaatkan secara bijak sebagaimana mestinya. 

"Semoga bisa membantu meringankan ekonomi orang tua untuk memberikan kebutuhan anaknya,” ungkapnya.(adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: