Pendampingan Sertifikasi Halal Desa Wisata di Kabupaten Tegal

Pendampingan Sertifikasi Halal Desa Wisata di Kabupaten Tegal

ANTUSIAS - Pelaku usaha UMKM di obyek wisata antusias mengikuti tahapan pendampingan sertifikasi halal.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Untuk kesekian kalinya, Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal mendukung penuh program kantor Kemenag.  Dalam  pendampingan sertifikasi halal di desa wisata. Kali ini pendampingan dilakukan di Desa Wisata  Komplek Makam Ki Gede Sebayu Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal Iman Rudy Kurnianto melalui Kabid UMKM Sunarso menyatakan, kegiatan kali ini merupakan kick off pendampingan sertifikasi halal di 3000 desa  wisata. Yang bekerjasama dengan kantor Kemenag Kabupaten Tegal. 

"Di sini digelar pendaftaran sertifikasi halal bagi pelaku usaha UMKM di desa wisata yang ada di Kabupaten Tegal," ujarnya.

BACA JUGA:Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal Adakan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi

Di kesempatan kali ini, Pendamping Prosesa Produk Halal (P3H)  menghadirkan dan  mendampingi sertifikasi halal minimal 10 pelau usaha UMKM di desa wisata. Selebihnya, Pokdarwis menghadirkan pelaku usaha UMKM di desa wisata, berikut masing-masing perangkat desa. 

Sertifikasi halal bagi UMKM merupakan program prioritas yang sedang di gencarkan. Kegiatan ini untuk membantu melindungi para UMKM agar bisa eksis dalam aktivitas usaha.

Dia mengingatkan pelaku UMKM yang sudah mendapatkan sertifikat halal agar menjaga sertifikat itu dengan cara melaminating. 

BACA JUGA:Mahasiswa Poltek Harber Borong Juara Krenova Kota Tegal

Jangan ditaruh sembarangan.Pemilik bisnis makanan dan minuman dari luar banyak yang sudah memiliki sertifikat halal. Jangan sampai pelaku usaha malah belum memiliki.

Suatu saat nanti ada kesadaran masyarakat tentang makanan bersertifikat halal. 

"Nanti malah produk UMKM tidak laku karena belum bersertifikat halal. Ini untuk mengantisipasi," ungkapnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: