Puluhan Guru Kabupaten Tegal Dilatih Menulis dan Buat Video Pembelajaran

Puluhan Guru Kabupaten Tegal Dilatih  Menulis dan Buat Video Pembelajaran

BERSAMA - Narasumbe Pimred Disway Jateng Wawan Setiawan, ketua PWI foto bersama.Foto:Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Forum Pena Guru Literasi (FPGL) PGRI Kabupaten Tegal. Mengelar pelatihan menulis dan pembuatan video praktik. Baik dalam pembelajaran di Gedung Dadali Bappedalitbang, Kabupaten Tegal. Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris PGRI Kabupaten Tegal Ibnu Kamijo. 

Acara menghadirkan narasumber Pimred Disway Jateng Wawan Setiawan dan Ketua PWI Kota Tegal Meiwan Dani Ristanto. FPGL juga menggandeng narasumber internal FPGL Bunyamin dan Slasi Widasmara yang dimoderatori Wahyu Adi Primanto.

Kegiatan diikuti kepala sekolah dan 45 peserta guru mulai dari SD, SLB, SMA/SMK sederajat di Kabupaten Tegal. Dalam  sambutannya, Ibnu Kamijo mengapresiasi seluruh peserta yang hadir untuk semangat mengikuti kegiatan pelatihan.

BACA JUGA:Telur Asin Bebek Pangon di Kabupaten Pemalang Banyak Diminati, Apa Sebabnya?

"Semoga para peserta dapat bertambah ilmunya sebagai guru profesional. PGRI Kabupaten Tegal sebagai wadah organisasi para guru akan terus mendukung secara maksimal kegiatan peningkatan literasi terutama bagi para guru di wilayah Kabupaten Tegal," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Ketua FPGL Diyah Eko Adi Kristianti berharap melalui pelatihan menulis dan pembuatan video praktik. Baik dalam pembelajaran para guru. Dapat meningkat kompetensinya dengan melahirkan karya aksi nyata agar dapat diunggah dalam platform Merdeka Mengajar.

"Saya berharap peserta setelah dibekali ilmu tentang cara menulis dan pembuatan video praktik baik dalam pembelajaran dapat mendiseminasikan pengalamannya kepada kolega baik di sekolah masing-masing maupun secara umum," ujarnya.

BACA JUGA:Komunitas Limata Kabupaten Pemalang Tanam Pohon

Kegiatn ditutup dengan pembagian dorprize dari panitia bagi peserta pelatihan yang datang lebih awal dan aktif bertanya dalam acara. Salah satu peserta yang mendapat dorprize Bunga Bubu Mahkotarama dari SD Negeri Suradadi 04.

"Saya sangat senang sekali mengikuti kegiatan pelatihan ini, saya mendapatkan pengalaman berharga terkait penulisan dan pembuatan video pratik baik pembelajaran. Semoga FPGL-PGRI Kabupaten Tegal kedepan dapat mengadakan acara serupa," terangnya.

Peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan membuat langsung skenario strategi STAR yang benar. Pada sesi ketiga dan empat diisi Wawan Setiawan dan Meiwan Dani Ristanto, memberikan materi tentang Jenis Tulisan di Media Masa yang membahas mengenai macam-macam bentuk tulisan di media masa khususnya cara menulis artikel ilmiah populer yang menarik pembaca. 

BACA JUGA:Pesta Siaga Tingkat Kabupaten Pemalang Dibuka oleh Bupati

Wawan menyampaikan, bahwa menulis adalah hal mudah, tetapi untuk melahirkan sebuah tulisan dengan daya tarik bagi pembaca perlu adanya proses latihan yang nantinya akan melahirkan hasil tulisan berkualitas. 

"Gagasan Pramoedya Ananta Tour, Orang boleh pandai setinggi langit, tetapi selama dia tidak menulis, maka akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah. Karena menulis adalah bekerja untuk keabadian," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: