Buruh di Kabupaten Tegal Warnai May Day dengan Aksi Terampil

Buruh di Kabupaten Tegal Warnai May Day dengan Aksi Terampil

SIMBOLIS - Sekda Kabupaten Tegal Amir Machmud mewakili Pj bupati menyerahkan santunan BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja yang mengalami kecelakaan dan meninggal dunia.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Ratusan buruh dan pekerja memadati halaman Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) di puncak peringan Hari buruh Internasional tingkat Kabupaten Tegal, Rabu (1/5/2024) pagi hingga menjelang siang. Pada kesempatan ini Pj bupati Tegal  yang diwakili Sekda  Amir Machmud memberikan apresisasi dan menyambut baik terselenggaranya acara tersebut.

Yang tahun ini mengusung tema besar nasional yaitu kerja bersama wujudkan pekerja/buruh yang kompeten, 'May Day is Terampil Day'. Menurutnya, ini berarti kompetensi pekerja menjadi perhatian semua pihak. Mulai pelaku usaha, pekerja dan serikat pekerja hingga pemerintah daerah. Dalam menciptakan sumber daya manusia pekerja yang Terampil, berdaya saing dan adaptif pada penggunaan teknologi industri di lingkungan kerja. 

BACA JUGA:Aplikasi Tiray Diluncurkan saat Puncak HUT ke-32 Perumda Air Minum Tirta Ayu Kabupaten Tegal

Pemkab Tegal  juga akan terus berupaya menyiapkan tenaga kerja terampil melalui program pelatihan keterampilan kerja di UPTD BLK Suradadi. Maupun kerja sama dengan dengan LPK swasta, Kementerian Perindustrian.

Seperti pelatihan pengelasan, juga dengan Yayasan Dharma Bakti Astra.

"Untuk menyiapkan tenaga kerja terampil yang cakap di bidang teknologi manufaktur otomotif lewat program Dojo Training Center di LIK Takaru," katanya. 

BACA JUGA:Pemkab Tegal Dukung Program Pendataan Podes 2024 oleh BPS

Hari Buruh bisa menjadi hari yang menyenangkan bagi pekerja khususnya, dan masyarakat pada umumnya. 

Peringatan May Day juga diarahkan pada kegiatan yang lebih bermanfaat untuk menciptakan sinergitas antara pekerja, pengusaha dan pemerintah. Memperkuat kebersamaan dan meningkatkan ketahanan sosial.

"Khususnya bagi pekerja atau buruh di Kabupaten Tegal," ungkapnya.  

BACA JUGA:DPPKBP2PA Kota Tegal Peringati Hari Kartini

Sekda  juga titip pesan,  bila ada persoalan mohon didiskusikan, utamakan dialog. Terus jaga sikap saling percaya antara serikat pekerja dan serikat buruh dengan pengusaha. Doakan pula para pengusaha, pemilik usaha terus berkembang usahanya, sehingga ordernya terus mengalir di tengah kenaikan beban biaya bahan baku impor. 

"Insya Allah, bapak, ibu pekerja atau buruh terhindar dari pemutusan hubungan kerja," ungkap  Amir.

Terpisah, Kepala Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal Riesky Trisbiyantoro menyatakan bahwa momentum May Day 2024 ini. Pihaknya akan terus menggelorakan dialog antara pengusaha, serikat buruh, serikat pekerja dan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: