DPPKBP2PA Kota Tegal Peringati Hari Kartini

DPPKBP2PA Kota Tegal Peringati Hari Kartini

ZIARAH — DPPKBP2PA Kota Tegal mengadakan ziarah ke Makam RA Kardinah.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal megadakan serangkaian kegiatan Peringatan Hari Kartini ke-145 Tahun 2024 bertema Inspirasi Kartini, Perempuan Kokoh dan Tangguh Sebagai Pelopor Kebaikan.

Rangkaian kegiatan tersebut yaitu ziarah ke Makam RA Kardinah yang merupakan adik RA Kartini. RA Kardinah dimakamkan di Komplek Pemakaman Tegal Arum di Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. ziarah  dipimpin Sekretaris DPPKBP2PA Kota Tegal Trysnawati bersama Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Anak DPPKBP2PA Kota Tegal Achsin.

BACA JUGA:Komunitas Limata Kabupaten Pemalang Tanam Pohon

Kegiatan ziarah dihadiri Ketua Dharma Wanita Kota Tegal Tri Utami Agus Dwi Sulistyantono dan jajaran, Pengurus TP PKK Kota Tegal, dan Pengurus Gerakan Organisasi Wanita Kota Tegal.  Setelah berziarah ke makam adik RA Kartini itu, kegiatan dilanjutkan talkshow yang diadakan di Pendapa Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, dengan menghadirkan narasumber Ratna Edy Suripno. 

Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal Rofiqoh melalui Sekretaris DPPKBP2PA Kota Tegal Trysnawati mengatakan, Peringatan Hari Kartini ke-145 Tahun 2024 memiliki makna terkait emansipasi dan hak-hak perempuan. Kegiatan ini sebagai peneguh dan momentum Hari Kartini dijadikan tonggak bagaimana impian RA Kartini untuk menjadikan perempuan mampu menentukan nasibnya sendiri. 

BACA JUGA:Telur Asin Bebek Pangon di Kabupaten Pemalang Banyak Diminati, Apa Sebabnya?

Selain itu, Peringatan Hari Kartini juga bermakna besar bagi seluruh perempuan di Kota Tegal untuk menjaga kehormatan dan martabatnya. “Meskipun sudah diberi kebebasan dalam memilih mimpi dan keiginan, perempuan juga harus tetap berperilaku dan berbahasa dengan menjunjung tinggi wibawa dan etika,” kata Trysnawati.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal Dadang Somantri dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal Agus Dwi Sulistyantono pada kegiatan talkshow menyampaikan, perempuan adalah salah satu pilar utama dalam membangun fondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan.

RA Kartini menginspirasi para perempuan di Indonesia bagaimana pentingnya menjadi perempuan yang mandiri dan berani mewujudkan mimpi bagi kebaikan bersama. “Untuk itu, kepeloporan RA Kartini wajib kita teladani. Hal tersebut sesuai dengan tema Peringatan Hari Kartini ke-145 kali ini yaitu Inspirasi Kartini, Perempuan Kokoh dan Tangguh Sebagai Pelopor Kebaikan,” ungkap Sekda.

BACA JUGA:Warga SMP Negeri 2 Suradadi Kabupaten Tegal Adakan P5 Tema Kebudayaan

Melalui semangat dan teladan RA Kartini, hendaknya memotivasi para perempuan lebih baik lagi. Berbagai tantangan yang dihadapi RA Kartini untuk keluar dari belenggu patriarki dan melawan ketidakadilan sosial membawa perempuan hebat masa kini memiliki kesempatan luas untuk berperan dalam perkembangan kemajuan negara di berbagai sektor. 

Karena itu, perempuan Indonesia memiliki tanggung jawab agar senantiasa dapat mengambil peran aktif dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera, dengan dinamika permasalahan perempuan serta masyarakat semakin kompleks dan multisektoral. Maka perempuan yang berdaya akan memberikan angin segar bagi penyelesaian permasalahan tersebut. 

Sekda mengajak para perempuan di Kota Tegal yang pertama untuk berupaya mencegah stunting. Sebagai calon ibu, tentunya hal ini penting bagi tumbuh kembang Generasi Emas Indonesia. Penuhilah gizi dan nutrisi anak-anak. Patuhilah program stunting secara baik dan benar, demi pertumbuhan anak yang sehat.

BACA JUGA:PMR Wira se-Kabupaten Tegal Latihan Gabungan di Markas PMI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: