87 Siswa MAN Kota Tegal Ikuti Ujian Tahfidzul Quran

87 Siswa MAN Kota Tegal Ikuti Ujian Tahfidzul Quran

PEMBUKAAN - Grup hadrah MAN Kota Tegal tampil dalam pembukaan acara Ujian Tahfidzul Quran.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - MAN Kota Tegal  menyelenggarakan Ujian Tahfidzul Quran untuk pertama kali sebagai rangkaian program unggulan. Dalam merealisasikan visi besar mewujudkan peserta didik yang berakhlakul karimah, unggul dalam prestasi. Untuk mewujudkan generasi Qurani yang mampu berdaya saing di era teknologi dan berwawasan lingkungan.

Ujian Tahfidzul Quran ini diikuti 87 siswa dengan jumlah juz yang diuji 132 juz. Mereka dibagi menjadi 13 kelompok. Ujian Tahfidzul Quran ini bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Tegal. Serta Tim Jamiyyatul Qurra Wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Kota Tegal yang berjumlah 13 penguji bersertifikat.

BACA JUGA:Didominasi Guru, PPPK Kabupaten Tegal Diminta untuk Menjaga Sikap

Kepala MAN Kota Tegal Dr Drs H Tobari MAg merasa bangga dan berbahagia karena dapat menyelenggarakan kegiatan ini. Serta akan memberi apresiasi berupa beasiswa pendidikan gratis bagi siswa yang dapat menyelesaikan hafalan 30 juz di sekolah.

Sementara itu, Ketua Panitia Ujian Tahfidzul Quran yang juga Waka Kurikulum MAN Kota Tegal Turati SPd MSi menyampaikan, Ujian Tahfidzul Quran ini akan dilaksanakan secara rutin setiap semester untuk menguji hafalan siswa MAN Kota Tegal. Yang telah memiliki hafalan dan siap diuji oleh Tim JQHNU dan akan diberi sertifikat atau syahadah tiap juz. 

BACA JUGA:Genjot Sport Tourism di Jateng, Pj Gubernur Jateng Luncurkan Specta 2024

Sertifikat hafal Alquran ini dapat digunakan sebagai piagam prestasi untuk masuk di 13 perguruan tinggi negeri di Indonesia. Bagi siswa yang diuji 10 juz maka akan mendapatkan 10 sertifikat dengan nilainya masing-masing. 

“Bagi yang belum mutqin hafalannya dapat mengikuti Ujian Tahfidzul Quran kembali di waktu lain," ungkap Turati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: