Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal, Jangan Sampai Salah Pilih

Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal, Jangan Sampai Salah Pilih

Awas Jangan Sampai Tertipu! Simak Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal-pinterest-

DISWAY JATENG - Beredarnya pinjaman online (pinjol) ilegal sekarang ini, telah menyebabkan masalah serius pada Masyarakat. Oleh sebab itu, Masyarakat diharapkan dapat mengetahui perbedaan pinjol legal dan pinjol ilegal. Pasalnya, pinjol ilegal telah menyebabkan kerugian finansial bahkan mental karena sering diteror debt collector.

Bagi orang tua khususnya yang belum paham dunia teknologi, akan mudah tergiur oleh iming-iming pinjaman besar dengan bunga rendah dan tenor panjang. Atau hal lainnya yang membuat mereka tertarik untuk melakukan pinjaman, tanpa mengetahui perbedaan pinjol legal dan pinjol ilegal.

Untuk melakukan pinjaman online, hal terpenting dapat mengerti perbedaan pinjol legal dan ilegal. Pinjol legal yaitu, pinjaman resmi berizin OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sedangkan pinjol ilegal, pinjaman yang tidak terdaftar OJK, pinjaman ini memiliki resiko tinggi karena belum terjamin kemanannya.

BACA JUGA:5 Aplikasi Pinjol Legal dengan Bunga Rendah di Bawah 1% yang Terdaftar di OJK

Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal

Berikut merupakan perbedaan pinjol legal dan ilegal dilihat dari ciri-cirinya.

Legalitas 

Pinjol legal mempunyai izin serta regulasi yang jelas dari pemerintah, pinjol yang legal akan terdaftar di OJK. Sedangkan untuk pinjol ilegal tidak mempunyai izin dari OJK, sehingga kegiatan pinjam meminjam tidak dapat diawasi oleh pihak pemerintah.

Perbedaan pinjol legal dan ilegal dalam hal penawaran produk

Pinjol legal akan menawarkan produknya melalui platform digital dengan informasi yang jelas, transparan, dan tidak akan menawarkan produk melalui saluran komunikasi pribadi. Sedangkan pinjol ilegal akan menawarkan produk lewat saluran pribadi seperti SMS/Chat menggunakan Whatsapp dan prosesnya kurang transparan.

Identitas pinjol

Pinjol legal mempunyai identitas pengurus, lengkap dengan Alamat kantor yang jelas. Sedangkan pinjol ilegal, identitas pengurus dan Alamat kantornya kurang jelas.

Bunga pinjaman

Perbedaan pinjol legal dan ilegal yang mencolok yaitu pada bunga pinjaman. Pinjol legal mempunyai bunga yang lebih rendah karena sudah ditetapkan pemerintah sesuai regulasi. Maksimal bunga 0,8% perhari atau 24% perbulan. Sedangkan pinjol ilegal memberikan bunga dan denda tidak jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: