129 Calon Wisudawan Ikuti Yudisium Jenjang Sarjana Fakultas Hukum UPS Tegal

129 Calon Wisudawan Ikuti Yudisium Jenjang Sarjana Fakultas Hukum UPS Tegal

Dr Achmad Irwan Hamzani saat memberikan sambutan dalam acara Yudisium Jenjang Sarjana Fakultas Hukum UPS Tegal-Tangkapan layar Agus Mutaalimin-

DISWAY JATENG Tegal - Fakultas Hukum Universitas Pancasakti (UPS) Tegal mengadakan acara Yudisium jenjang Sarjana Hukum periode gasal Tahun akademik 2023 - 2024 di Aula kampus 2 UPS, jalan Perintis kemerdekaan Tegal. Acara yang dilaksanakan Senin, 22 April 2024 diikuti 129 calon wisudawan dari prodi S1 Ilmu Hukum dan tamu undangan. 

Dr. Achmad Irwan Hamzani dalam sambutannya mengucapkan selamat atas keberhasilan 129 calon wisudawan yang meraih gelar Sarjana Hukum. ''Yakinlah, dengan ilmu dan gelar yang telah Anda peroleh, status sosial Anda naik ke level yang lebih tinggi,'' ungkapnya.

Menurut Irwan, hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Q.S. Al-Mujadilah ayat 58: “Yarfaillaha, Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat,” jelasnya.

Selanjutnya kepada para orang tua, dan keluarga calon wisudawan, Irwan turut bersyukur dan berbahagia. ''Sekali lagi mengucapkan selamat atas Keberhasilan Putra-putri Anda,'' kata Irwan.

BACA JUGA:Alumni Fisip UPS Tegal Harus Bisa Bersaing di Tingkat Nasional

Ucapan terima kasih kepada cifitas akademik Fakultas Kukum

Tidak kalah pentingnya, Irwan juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Dosen dan Tenaga Kependidikan Fakultas Hukum atas totalitas dan komitmen dalam melaksanakan tugas mendidik dan melayani mahasiswa hingga mereka berhasil menyelesaikan studi.

''Kepada calon wisudawan Anda patut bersyukur, karena menjadi manusia terhormat, mendapat kesempatan mengenyam pendidikan tinggi hingga lulus, yang tentunya bisa mengangkat derajat menjadi orang terhormat di masyarakat,'' jelasnya.

Wisuda merupakan puncak dari proses pendidikan di Perguruan Tinggi. Akan tetapi, wisuda bukanlah ending point dalam dalam konteks long-life education, wisuda sebagai entry point, sebagai permulaan.

Dalam  konsep long life education, belajar sepanjang hayat, manusia adalah makhluk pembelajar yang tidak pernah mengenal kata berhenti. ''Begitu pentingnya belajar, sehingga Rasulullah Saw. bersabda “Uthlubu al-ilma min al-mahdi ila lahdi “Tuntutlah ilmu dari buaian ibu hingga ke liang lahat,'' ungkap Dr Irwan Hamzani. 

Selanjutnya Irwan Hamzani berharap, semoga 129 mahasiswa semua dapat meneruskan ke jenjang magister, ataupun Pendidikan Khusus Profesi Advokat. Bagi yang belum diberi kesempatan menempuh ke jenjang pendidikan berikutnya "semoga dapat berkiprah dalam berbagai lapangan profesi". Ungkapnya. 

Dalam sambutannya juga Dr. Irwan menyampaikan kepada wisudawan bahwa Sarjana Hukum, berbeda dengan sarjana pada umumnya. Ada memiliki pengatahuan lebih yang barangkali tidak dimiliki sarjana lain.

''Anda tidak punya hak untuk gagal, tapi Anda punya hak untuk sukses. Kesuksesan tidak ditentukan Anda lahir di mana, di kota atau di desa, atau anak siapa, apakah anak orang kaya ataukah orang biasa," tambahnya.

BACA JUGA:56 Calon Wisudawan FKIP UPS Tegal Resmi Dilepas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: