Begini 5 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal, Wajib Dilakukan Sebelum Pengajuan Pinjaman Supaya Tidak Terjebak

Begini 5 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal, Wajib Dilakukan Sebelum Pengajuan Pinjaman Supaya Tidak Terjebak

cara mengatasi pinjol ilegal--

DISWAY JATENG - Apakah kamu sedang terjebak dalam permainan pinjamanan online yang tidak terdaftar di OJK? Jika iya maka artikel ini cocok untuk kamu baca karena dibawah ini akan mengulas cara mengatasi pinjol ilegal.

Pinjaman online seringkali digunakan untuk banyak orang untuk mengatasi permasalahan keuangan mereka namun kamu perlu memastikan apakah platform tersebut remi terdaftar OJK, mengatasi pinjol ilegal bisa kamu lakukan dengan banyak cara.

Karena jika kamu melakukan pengajuan di platform yang belum mengantongi izin OJK tentunya akan sangat berbahaya, nah dibawah ini akan memeberitahu cara mengatasi pinjol ilegal.

Begini cara mengatasi pinjol ilegal yang dapat kamu lakukan. Baca artikel ini sampai tuntas ya.

BACA JUGA:Punya Kredit Skore Buruk? Tenang, Inilah Daftar Pinjol Tanpa DC Lapangan dan BI Checking Terdaftar OJK 2024

1. Lihat Transparansi Bunga

Kamu dapat mengatasi pinjol ilegal dengan melihat apakah aplikasi tersebut mengantongi izin atau tidak dari suku bunga yang diberikan, jika bunga yang diberikan cukup besar atau tidak masuk diakal maka kamu perlu menghindari pengajuan dana di platform tersebut.

Pasalnya otoritas jasa keuangan (OJK) 2024 menetapkah bahwa suku bunga di pinjaman online sebesar 3% per hari pada pinjaman jangka pendek kurang dari setahun, sedangkan tenor lainnya sebesar 0,1% hingga 0,3% per harinya.

2. Cek di Website OJK

Alangkah baiknya sebelum melakukan pengajuan pinjaman di berbagai platform pinjaman online kamu perlu mengecek terlebih dahulu, apakah aplikasi tersebut mengantongi izin dari otoritas jasa keuangan (OJK) atau tidak.

jika aplikasi tersebut terdaftar di fintech peer to peer lending maka sudah terjamin keamanannya, hal ini tentunya untuk menghindari permasalahan yang bisa terjadi di kemudian hari.

Misalnya penyebaran data, bunga yang semakin banya, serta penagihan yang tidak wajar.

3. Cek Aplikasi Pinjol

Sebelum melakukan pengajuan kamu juga perlu melakukan pengecekan aplikasi, seperti privasi akun serta kemudahan aplikasi tersebut untuk di unduh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: