Begini Kesiapsiagaan Dinkes Kabupaten Tegal menghadapi Libur Idul Fitri 2024

Begini Kesiapsiagaan Dinkes Kabupaten Tegal menghadapi Libur Idul Fitri 2024

SIAGA - Petugas Dinkes Kabupaten Tegal bersama lintas sektor saat siaga menyambut arus mudik dan liburan Hari Raya Idul Fitri 2024.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Dalam rangka kesiapsiagaan sektor kesehatan pada pengamanan arus mudik dan Libur Hari Raya Idul Fitri 2024, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal melakukan beberapa kegiatan. Diantaranya menyiagakan puskesmas dan rumah sakit di wilayah Kabupaten Tegal untuk buka 24 jam. 

Pelayanan PSC 119 selama 24 jam, pemantauan keamanan pangan siap saji di beberapa titik rest area, serta menugaskan tim kesehatan siaga di sejumlah posko baik di rest area, objek wisata dan beberapa titik keramaian.

Kepala Dinkes Kabupaten Tegal dr. Ruszaeni mengatakan, pengamanan ini berlangsung sejak 4 April hingga 16 April 2024 mendatang.

BACA JUGA:SMPIT Luqman Al Hakim Kabupaten Tegal Adakan Bukber dan Mabit

Dalam pengamanan itu, tim dari Dinkes bergabung dengan anggota TNI, Polri, Dishub, BPBD, PMI serta lintas sektor lainnya.

"Di tanggal 4 sampai 16 April itu, kita siaga di pos terpadu dan rest area jalan tol," kata Ruszaeni.

Dia menjelaskan, untuk pos terpadu tersebar di tiga titik. Yakni di Pos LIK Pantura Kramat, Pos exit tol Adiwerna Tegal dan Pos Trasa di Slawi.

Sedangkan di area tol yakni, di Pos Rest Area 275A Penarukan, Rest Area 287A Kali Cacaban, Rest Area Kertasari 294B dan Rest Area 282B Lebeteng.

"Di objek wisata, jadwal mulai tanggal 11 sampai 15  April," sambungnya.

BACA JUGA:SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Adakan Gebyar Ramadan

Ruszaeni melanjutkan, tim yang siaga di objek wisata yakni di Pos Pantai Purwahamba Indah (Purin) Suradadi, Waduk Cacaban Kedungbanteng dan Pemandian Air Panas Guci Bumijawa.

Menurut Ruszaeni, setiap pos difasilitasi armada ambulans yang dilengkapi dengan tenaga medis, paramedis serta driver. Tim kesehatan yang bertugas di posko kesehatan, bukan hanya tenaga kesehatan yang berasal dari Puskesmas, namun juga didukung oleh semua rumah sakit di wilayah Kabupaten Tegal.

Selain itu, Dinkes juga siaga 24 jam menerima panggilan khusus untuk kegawatdaruratan medis. Masyarakat dapat menghubungi melalui PSC 119 'Gagian Nulung', melalui Nomor telphon 08112626119. Mudik ceria penuh makna.

BACA JUGA:Bupati Pemalang Perintahkan Dinas PU Perbaiki Jalan Alternatif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: