Pj Bupati Tegal Heran dengan Pencurian MCB Lampu PJU

Pj Bupati Tegal Heran dengan Pencurian MCB Lampu PJU

WAWANCARA - Pj Bupati Tegal Agustyarsyah, saat diwawancara, usai acara Bukber dengan sejumlah awak media di Pendapa Rumah Dinas Wakil Bupati Tegal.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Pencurian  MCB lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Tegal sangat marak. Banyak MCB yang hilang sehingga lampu PJU tidak berfungsi alias mati.  Hal ini membuat Pj Bupati Tegal Agustyarsyah bingung. Menurutnya, MCB selalu dicuri setelah dipasang oleh petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal.

"Saya sampai bingung, kenapa pencurian MCB sampai sering begitu. Padahal (MCB) baru dipasang, tapi selang dua atau tiga hari langsung hilang," kata Agustyarsyah.

Sejauh ini, pihaknya bersama Dishub sudah berupaya memperbaiki lampu PJU yang mati dengan mengganti MCB yang baru. Namun, setelah lampu menyala, tidak lama mati lagi.

"Pencurian di sini sangat tinggi. Padahal, kalau MCB dijual lagi, harganya tidak menjanjikan secara ekonomi," ujarnya.

BACA JUGA:Gandeng Bhayangkari, Polsek Talang Bagikan Takjil kepada Masyarakat

Pencurian MCB itu hampir terjadi di tiap titik lampu PJU. Tak heran, banyak lampu PJU di Kabupaten Tegal yang mati. Sejauh ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Tegal. Namun, mereka kesulitan melacaknya.

"Hampir di semua titik (PJU), MCB-nya hilang. Saya tidak tahu ini, apakah memang ada unsur kesengajaan atau orang-orang iseng," cetusnya.

BACA JUGA:Bakti Sosial Guru Penggerak Warnai Bulan Ramadan di Kabupaten Tegal

Sebenarnya, lanjut Agustyarsyah, permasalahan ini menjadi tugas Dishub. Pihaknya juga mendesak Dishub agar mengganti MCB yang hilang.

"Tapi kita kasihan juga ke Dishub, karena pencurian ini sudah terjadi sejak lama. Dan itu berulangkali. Saya juga bingung melacaknya," ujarnya.

Agustyarsyah hanya bisa mengimbau kepada masyarakat supaya bersama-sama menjaga fasilitas publik. Sehingga peristiwa ini tidak terulang kembali.

BACA JUGA:Antisipasi Lonjakan Mudik, Dishub Kabupaten Pemalang Petakan Jalur Alternatif

"Harapan saya, masyarakat juga ikut menjaga keberadaan fasilitas ini. Tolonglah, MCB jangan dicuri. Kasihan masyarakat yang lewat malam hari," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: