Pemkab Pemalang Siapkan 3 Bus untuk Mudik Gratis

Pemkab Pemalang Siapkan 3 Bus untuk Mudik Gratis

MENUNGGU - Warga Kabupaten Pemalang yang mengikuti mudik gratis.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang menyiapkan tiga bus untuk mudik gratis di Lebaran. mudik gratis tersebut untuk  masyarakat yang merantau di Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pemalang Heru Weweg Sembodo mengatakan, pemkab tahun ini kembali menyelenggarakan mudik gratis. Upaya pemerintah daerah menyediakan armada bus untuk mudik gratis, seperti yang telah dilakukan tahun sebelumnya. 

Pemkab melalui Dishub Pemalang telah mengalokasikan anggaran untuk mudik gratis. Total untuk menyediakan sebanyak  150 orang kuota mudik gratis yang dialokasikan melalui Komunitas Paguyuban Perantau Pemalang (P-Three) di Jakarta.

BACA JUGA:Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Tutup Perlintasan Sebidang yang Tidak Dijaga

"Seperti pada pelaksanaan mudik tahun 2024, Dishub telah menyediakan 3 bus untuk 150 orang bagi warga Pemalang yang ada di kota perantauan,"katanya.

Menurutnya, sesuai instruksi telah dianggarkan tiga bus, khusus warga masyarakat Pemalang.  Untuk memastikan keamanannya, Dishub sudah memeriksa kondisi bus. Yaitu seluruh bagian bus dari mesin, bodi, fasilitas hingga surat-surat berkendara serta kendaraannya.

BACA JUGA:Odong-odong Dilarang Beroperasi di Jalan Raya Kabupaten Tegal

Dijelaskannya, hasil pemeriksaan kendaraan atau uji KIR bus angkutan mudik sudah dilakukan sepekan terakhir, yaitu pada bulan Maret lalu. Adapun hasilnya tiga bus tersebut lulus uji sesuai dengan standar kelayakan angkutan dari aturan Kementerian Perhubungan RI. Uji KIR tersebut semuanya dilaksanakan secara gratis tanpa dipungutan biaya. 

Terkait  pelaksanaan pemantauan arus mudik di Kabupaten Pemalang, akan mendirikan 3 pos pemantauan. Diantaranya Pos Alun-alun, exit tol Gandulan dan pos Randudongkal. Selain itu ada dua pos pemantauan di rest area tol Pemalang dan pos wilayah Blandong yang diinisiasi oleh pihak tol dan kepolisian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: