Tenaga Harian Lepas Pemkab Tegal Dapat Bingkisan dari Pj Bupati

Tenaga Harian Lepas Pemkab Tegal Dapat Bingkisan dari Pj Bupati

BINGKISAN - Pj Bupati Tegal Agustyarsyah menyalurkan bingkisan ramadan kepada para THL.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Sebanyak 1.000 paket bingkisan disalurkan Pj Bupati Tegal Agustyarsyah kepada para Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemkab Tegal.

Bingkisan Ramadan Bahagia ini berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tegal. Bingkisan berisi minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kilogram, biskuit kemasan, teh, kopi dan susu. Nilai bingkisan ini Rp100.000 per paket.

Penyerahan bingkisan berlangsung saat acara Gerakan Cinta Zakat di Pendapa Amangkurat Kantor Bupati Tegal. Menurut Pj Bupati, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengentaskan kemiskinan dan membantu korban bencana alam di Kabupaten Tegal. Melalui gerakan ini, dana zakat yang dihimpun Baznas Kabupaten Tegal bisa berkontribusi optimal untuk mengurangi angka kemiskinan.

BACA JUGA:Pisah Sambut, Pj Wali Kota Tegal akan Teruskan Program yang Sudah Ada

"Termasuk pengangguran serta pemenuhan kecukupan pangan bergizi bagi balita,” kata Agustyarsyah.

Dia bersyukur zakat yang dihimpun dari ASN dan karyawan BUMD di Kabupaten Tegal terus meningkat, meskipun belum mencapai angka optimalnya.

Dia berujar, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan perolehan zakat dari muzaki. Salah satunya soal kepastian dan ketepatan penerima zakat yang harus sesuai kebutuhannya.

BACA JUGA:Ramadan Ceria, Bank Sampah Marga Jaya Rindang Kota Tegal Beri Santunan Anak Yatim

Perolehan dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) yang dihimpun Baznas memang harus didukung seluruh elemen masyarakat, pelaku usaha, dan pemerintahan.

Di lingkungan pemerintah daerah dapat dihimpun melalui unit pengumpul zakat dari mulai kantor kecamatan, OPD hingga BUMD.

“Meskipun tahun lalu Baznas kita berhasil menyalurkan zakat Rp5,57 miliar kepada 28.575 fakir miskin. Kiranya tahun ini harus bisa ditingkatkan lagi supaya lebih banyak mustahik yang bisa merasakannya,” ujarnya.

BACA JUGA:Pengadaan Barang dan Jasa di Kabupaten Tegal Rawan Korupsi

Dirinya pun mengajak seluruh elemen masyarakat berpartisipasi pada gerakan tersebut dengan menyerahkan pengelolaan zakat profesi, infak, dan sedekahnya melalui Baznas Kabupaten Tegal. Adapun perolehan dana zakat, infak dan sedekah tahun ini baru mencapai Rp1,12 miliar.

Kepala Baznas Kabupaten Tegal Akhmad Rofiqi menuturkan, penyelenggaraan Gerakan Cinta Zakat dan penyalurannya kepada mustahik sudah yang keempat kalinya. Namun demikain, untuk perolehan dana ZIS yang dihimpun Baznas Kabupaten Tegal belum maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: