UMKM Kabupaten Pemalang Didorong Miliki Sertifikasi Halal

UMKM Kabupaten Pemalang Didorong Miliki Sertifikasi Halal

DIDORONG - Pelahu usaha UMKM yang sudah maju harus didorong untuk memiliki sertifikasi halal.Foto:M Ridwan/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG -Terdorong adanya edaran Kementerian Agama (Kemenag) RI yang mengharuskan seluruh produk UMKM terverifikasi halal. Dinas Koperasi, Perindustrian, UMKM dan Perdagangan (Diskoperindag) bersama Kantor Kemenag. Akan kebut pemberian sertifikasi halal kepada seluruh produk UMKM.

Hal ini sekaligus sebagai pemberdayaan dan peningkatan produk UMKM. Sehingga agar dapat bersaing dengan produk di retail modern.

BACA JUGA:Rusak, Jalan Trayeman-Singkil Kabupaten Tegal Diperbaiki

Kepala Diskoperindag Kabupaten Pemalang Fera Djoko Susanto melalui Kepala Bidang UMKM Diskoperindag Andre Dwi Prayugo mengatakan, di beberapa forum dan pelatihan. Telah sering mendorong para pelaku UMKM agar mendaftarkan sertifikasi halal dari Kemenag. Dimana menjadi salah satu keharusan yang harus dimiliki UMKM, sesuai anjuran Kemenag RI.

“Sering kita sampaikan agar para pelaku UMKM bisa punya sertifikasi ini, karena penting. Dengan sertifikasi halal, produk UMKM lebih terjamin kebersihan dan kelayakannya, terutama produk pangan,” terang Andre.

BACA JUGA:Kondisi Gapura Kota Tegal Menghawatirkan

Dalam prosesnya, lanjutnya, pihaknya melaksanakan pendampingan kepada pelaku UMKM agar memenuhi persyaratan Kemenag dalam pendaftaran sertifikasi halal. Percepatan ini dilakukan lantaran imbauan dari pusat, agar seluruh UMKM mempunyai sertifikasi halal.

 

"Karena jika tidak akan mendapatkan sanksi,” tegasnya.

Sementara itu, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Pemalang tertulis dalam tahun 2024. Tercatat sekitar 17.378 usaha kecil dan 465 usaha menengah. Semua pelaku UMKM itu masih ada yang belum memiliki sertifikasi halal, terutama pelaku industri kecil. Pasti akan didamping, karena untuk kemajuan perekonomian di Pemalang. 

BACA JUGA:PBI FKIP UPS Sukses Gelar English Contest 2024

"Ketika UMKM maju pasti masyarakat ikut merasakannya, sebab hampir seluruh roda ekonomi tergantung pada UMKM,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: