Disporapar Kabupaten Tegal Siapkan Konsep Layanan Wisata Idul Fitri

Disporapar Kabupaten Tegal Siapkan Konsep Layanan Wisata Idul Fitri

REMBUG - Rakor perdana persiapan lebaran, Disporapar siapkan konsep layanan wisata Idul Fitri.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Jelang libur panjang lebarran Idul Fitri. Dinas  Kepemudaan  Olahraga dan Pariwisata (Porapar) telah menyiapkan konsep layanan wisata. Khsusunya di  3 titik destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tegal.

Hal tersebut sempat dikupas dalam rapat awal  koordinasi terbatas yang dipimpin Pj Bupati Tegal.

Kepala Dinas Porapar Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni  menyatakan, dalam kesempatan tersebut pihaknya memberikan gambaran secara detail dan menyeluruh. Terkait mekanisme dan tata kelila layanan wisata di destinasi wisata Guci, Waduk Cacaban, dan Purwahamba Indah bagi wisatawan saat berwisata. 

BACA JUGA:Disapu Angin Kencang, 4 Rumah di Bumijawa Kabupaten Tegal Rusak

"Termasuk pelaku usaha saat melayani aktifitas wisartan dengan mengedepanklan prinsip Satpa Pesona wisarta. Pada libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah," ujarnya, Senin 18 Maret 2024.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menjelaskan terkait kapasitas parkir di destinasi wisata Guci yang saat ini terdapat 12 titik kantong parkir.

Titik kantong parkir Guci ada di area kantor UPTD depan, area panggung, halaman Assafana atau Perhutani. Area Kaliawu, parkir pasar induk bawah dan atas, parkir pavingan, lapangan Pekandangan atau Guci Forest.

"Parkir barat ada dua lokasi, parkir the Geong dan Baron Hill, Guci Gung atau Golden Park. Serta parkir masing-masing wahana wisata," cetusnya.

BACA JUGA:Kasus TBC di Kabupaten Tegal Meningkat

Sementara untuk kapasitas  parkir Destinasi wisata Waduk Cacaban terinci ada 5 titik. Masing-masing di areal lapangan bekas pintu I timur, area Dukuh Brengkok  atau Karetan, parkir utama atas. Area parkir dalam khusus motor, dan area parkir dalam khusus mobil.

Sedangkan untuk destinasi wisata Pantai Purwahamba Indah,  titik parkir  tersedia 3 lokasi masing-masing dihalaman utama, area jalur timur dan area jalur barat.

Untuk potensi titik kemacetan di destinasi wisata Guci ada di 9 titik. Masing-masing pertigaan Yamansari, tanjakan WKJ Kalibakung, jalur Clirit Kalibakung yang merupakan eks jalan amblas, Bukit Siwuniu Karangjambu.

BACA JUGA:Baznas Serahkan Bantuan untuk Pemerintah Desa Kaladawa Kabupaten Tegal

Pasar Bojong, Pertigaan Tuwel (tugu bawang putih),  Pertigaan Dukuhtere Tuwel,  Pintu gerbang DTW Guci, dan masuk area pakir. Untuk Cacaban, potensi titik macet ada di  pertigaan gerbang utama Desa Karanganyar, pertigaan eks pos 1 pintu masuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: