Manfaat Puasa untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Bisa Turunkan Kolesterol dengan Cepat

Manfaat Puasa untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Bisa Turunkan Kolesterol dengan Cepat

Manfaat puasa untuk menurunkan kolesterol-Cakrawalamedia.co-

Penelitian di Dubai Uni Emirat Arab juga menemukan bahwa puasa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ini ditunjukkan dengan penurunan trigliserida sekitar 15 persen dan kadar LDL sebanyak 10,9 persen.

4. Mengurangi Risiko Stroke dengan Puasa

Kolesterol tinggi tidak hanya berkaitan dengan penyakit jantung, tetapi juga dapat meningkatkan risiko stroke. Selama puasa, perubahan pola makan dapat menyebabkan penurunan kadar kolesterol, mengurangi kemungkinan penyumbatan pembuluh darah yang merupakan pemicu stroke.

Makanan sehat untuk menjaga kolesterol selama puasa

Agar kadar kolesterol tetap terkendali saat puasa, konsumsilah makanan yang membantu melawan kolesterol jahat. Beberapa pilihan makanan yang dapat kamu pertimbangkan adalah:

BACA JUGA: Amankah Puasa Mutih untuk Kesehatan? Berikut Manfaat, Risiko dan Panduannya

1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah. Gunakan bawang putih sebagai bumbu dalam masakan atau konsumsi secara langsung.

2. Oatmeal

Oatmeal mengandung beta-glukan, serat larut air yang dapat membantu menyerap kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari tubuh. Konsumsilah oatmeal sebagai menu sahur atau berbuka untuk menjaga kadar kolesterol.

3. Cuka Apel

Cuka apel dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan mengontrol tekanan darah. Campurkan satu sendok teh cuka apel ke dalam segelas air dan konsumsi beberapa kali sehari selama bulan puasa.

4. Bayam

Bayam mengandung lutein, pigmen yang membantu menghilangkan kolesterol dari arteri. Tambahkan bayam ke dalam masakan atau konsumsi sebagai salad untuk mendapatkan manfaatnya.

BACA JUGA:Terbukti Manfaatnya. Berikut 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Pencernaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: