Dinas Sosial Kabupaten Tegal Gelar Verifikasi Bantuan KUBE

Dinas Sosial Kabupaten Tegal Gelar Verifikasi Bantuan KUBE

SERAHKAN - Kabid Linjamsos dan Kebencanaan Dinsos Kabupaten Tegal serahkan juknis pelaksanaan KUBE 2024.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI -  Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal mendampingi verifikasi dan validasi  bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE)  dari Tim Dinas  Sosial Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan agar bantuan yang akan diberikan tepat guna dan tepat sasaran. 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Iwan Kurniawan melalui Kabid Perlindungan Jaminan  Sosial dan Kebencanaan M Agus Fauzan menyatakan, untuk tahun ini sesuai rencana bantuan KUBE  diberikan untuk 10 kelompok.

BACA JUGA:Baznas Kota Tegal Salurkan Bantuan Untuk 192 Mustahik

"10 kelompok tersebut terbagi 5 kelompok di Kecamatan Jatinegara dan 5 kelompok di  Kecamatan Pangkah," ujarnya  Sabtu 16 Maret 2024.

Usai menyerahkan juknis pelaksanaan kKUBE tahun 2024. Dilanjutkan dengan agenda verifikasi desk bantuan KUBE oleh tim Dinas Sosial Provisi Jawa Tengah beserta 3 anggotanya.  

Petugas menjelaskan terkait pengisian instrumen dan melakukan pemantauan terhadap Kelompok Usaha Bersama KUBE. Yang sebelumnya memang sudah sukses dalam mengelola bantuan usaha dari Kementerian Sosial RI.

BACA JUGA:Sambut Bulan Puasa, RA Usamah Kota Tegal Adakan Tarhib Ramadan

Pihaknya berharap  bantuan ini nantinya akan dipergunakan dengan baik dan usaha yang dijalankan dapat berkembang. 

Klasifikasi jenis usaha KUBE diantaranya perdagangan, jasa, ternak, industri rumahan, pertanian atau  perkebunan, perikanan, dan industri olahan makanan. 

"KUBE merupakan salah satu bantuan sosial dalam rangka pemberdayaan sosial. Demi meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat secara berkelompok," ungkapnya.

BACA JUGA:DKPPP Kota Tegal Pantau Kualitas Produk Asal Hewan

KUBE merupakan kelompok keluarga miskin yang dibentuk, tumbuh dan berkembang atas prakarsanya dalam melaksanakan Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga

Usaha Ekonomi Produktif (UEP) merupakan bantuan  sosial yang diberikan kepada kelompok usaha bersama untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga. 

BACA JUGA:Masyarakat Kota Tegal Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: