SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tanamkan Nilai Pancasila dalam Aksi Demokrasi

SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tanamkan Nilai Pancasila dalam Aksi Demokrasi

PELAJAR PANCASILA – SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal mengadakan P5 mengangkat tema Penanaman Nilai Pancasila dalam Aksi Demokrasi.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - SMP Muhammadiyah 1 (Mutu) Kota Tegal mengadakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengangkat tema Penanaman Nilai Pancasila dalam Aksi Demokrasi. Kegiatan yang diadakan berupa Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) 2024/2025.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua IPM OSIS dimulai dengan pengenalan. Guru sebagai fasilitator mengenalkan kepada siswa pengertian dan tujuan demokrasi dan menerapkannya di sekolah. Siswa didampingi guru pembimbing merencanakan pelaksanaan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua IPM OSIS mulai dari penjaringan dan menetapkan bakal calon sesuai persyaratan.

BACA JUGA:Baznas Kabupaten Tegal Adakan Safari Dakwah Ramadan

Kemudian, debat pasangan calon serta penyampaian visi dan misi. Para kandidat memaparkan visi dan misi dengan sangat baik di hadapan panelis, guru, dan para simpatisan masing-masing. Selanjutnya, pemilihan dan penghitungan suara yang diikuti kepala sekolah, guru, dan seluruh siswa sekolah yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan itu. 

Terakhir, dilakukan serah terima jabatan Pengurus IPM OSIS lama ke yang baru. “Dengan kegiatan tersebut kami berharap siswa dapat memahami bagaimana proses penerapan demokrasi dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari serta mendapatkan pengalaman yang bermakna dalam arti yang lebih luas,” kata Kepala SMP Mutu Solikhin SPd MSi.

BACA JUGA:54 Warga Desa Tundagan Kabupaten Pemalang Berbuka dan Sahur di Pengungsian

Solikhin memaparkan, SMP Mutu merupakan Sekolah Penggerak di Kota Tegal yang mengusung visi terbentuknya generasi muslim yang beriman, bertakwa, terampil, unggul dalam prestasi, berwawasan iptek, dan berbudaya lingkungan. Sekolah Penggerak ini membuka Program Unggulan Kelas Tahfidz, Kelas IT, dan Kelas Reguler.

Setiap Program Unggulan memiliki target. Kelas Tahfidz menargetkan siswa hafal tiga juz dan Hadis. Kelas IT menargetkan siswa menguasai desain grafis, animasi, pemrograman web, vloger, Youtuber, dan Canva. Sedangkan Kelas Reguler menargetkan siswa mampu membaca Alquran dengan baik dan benar, minimal hafal juz 30. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: