Cara Efektif Hapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Secara Permanen, Tak Perlu Kuatir Diteror DC Lagi

Cara Efektif Hapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Secara Permanen, Tak Perlu Kuatir Diteror DC Lagi

cara hapus data pribadi di pinjol secara permanen--foto radar tega

DISWAY JATENG - Saat ini, pinjaman online atau pinjol tengah menjamur di tengah masyarakat. Karena itu, perlu kalian ketahui cara hapus data pribadi di apikasi pinjol secara permanen. 

Namun di balik kemudahan itu, pinjol kerap menyimpan data pribadi nasabah yang berisiko disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab. Untuk menghindari risiko tersebut, kalian perlu mengetahui cara hapus data pribadi di aplikasi pinjol secara permanen. 

Nah, tahukah kalian bahwa hapus data pribadi di aplikasi pinjol secara permanen yang tersimpan di aplikasi pinjol legal resmi OJK sebenarnya bisa dilakukan. Meski tak semudah kedengarannya, ada beberapa langkah efektif yang bisa dilakukan.

Tertarik mengetahui cara hapus data pribadi di aplikasi pinjol secara permanen? Yuk simak artikel selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Segera Amankan Data, Inilah Cara Mudah Hapus Data di Pinjol Ilegal Agar Tidak Diteror Debt Collector

Cara hapus data pribadi di aplikasi pinjol

1. Hapus Data dan Cache Aplikasi

Masuk ke Pengaturan > Aplikasi > cari aplikasi pinjol > pilih Hapus Data dan Cache. Ini akan menghapus data pinjol yang tersimpan di aplikasi.

2. Lunasi Tagihan Pada Aplikasi Pinjol

Sebelum menghapus data di aplikasi pinjol, pastikan kalian telah melunasi seluruh utang beserta bunganya. Jika belum lunas, proses penghapusan data-data pribadi tidak akan dilakukan oleh pihak pinjol terdaftar.

Setelah pelunasan selesai, simpan bukti pembayaran sebagai bukti telah menyelesaikan kewajiban. Bukti ini berguna saat mengajukan pembersihan informasi sensisti ke pihak pinjol.

3. Laporkan ke OJK Jika Diperlukan

Jika upaya di atas belum juga berhasil menghapus data pengguna di aplikasi pinjol, langkah selanjutnya adalah melaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA: 5 Cara Menghapus Data KTP di Aplikasi Pinjol Tanpa Ganti Kartu SIM Terbaru 2024, Dijamin Ampuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: